Federal Express Corporation (FedEx), perusahaan transportasi logistik ekspres global, baru-baru ini memperluas layanan FedEx® International Connect Plus (FICP) ke Indonesia untuk pengiriman e-commerce internasional. Telah tersedia untuk pemilik bisnis online yang beroperasi di beberapa pasar Asia Pasifik seperti Tiongkok, Hong Kong SAR, dan Jepang, layanan ini memberdayakan pemilik bisnis online di Indonesia dengan solusi pengiriman yang diklaim andal dan hemat biaya ke berbagai tujuan utama di Amerika Serikat dan Eropa.
Perluasan jangkauan FICP ini sejalan dengan komitmen FedEX untuk mendukung pertumbuhan e-commerce antarnegara dari Asia ke Amerika Serikat dan Eropa. Penjualan e-commerce di Asia diproyeksikan akan mencapai US$13.209 miliar pada tahun 2030, tumbuh dengan CAGR 17,6% dari tahun 2023 hingga 2030. Sementara, pasar e-commerce di Indonesia masih terlihat menjanjikan dengan Gross Merchandise Value (GMV) sebesar US$59 miliar pada tahun 2022 dengan diproyeksikan akan meningkat menjadi US$95 miliar pada tahun 2025 dan mencapai US$220-360 miliar pada tahun 2030.
Baca Juga: TIKI Kembali Ditunjuk United Tractors sebagai Mitra Logistik
"FedEx bukan hanya penyedia layanan logistik, kami merupakan mitra terpercaya yang berdedikasi untuk memberdayakan UMKM dan bisnis e-commerce lokal Indonesia dengan portofolio solusi logistik yang komprehensif serta alat digital yang canggih. Kami membantu bisnis lokal untuk mencapai tingkat yang lebih tinggi dan memasuki pasar global dengan berani," ujar Garrick Thompson, Managing Director FedEx Indonesia, dikutip Senin (10/2/2025).
"Kami bertujuan mendorong pertumbuhan bisnis lokal Indonesia dan UMKM dengan memberikan opsi pengiriman yang lebih cepat dan hemat melalui fitur logistik end-to-end yang otomatis. Peluncuran FedEx® International Connect Plus merupakan komitmen kami untuk melayani pelanggan dengan lebih baik dan mempercepat pertumbuhan e-commerce antarnegara di kawasan yang dinamis ini," ujarnya.
Dia menjelaskan, layanan tersebut bukan hanya membantu menyederhanakan proses ekspor, melainkan juga dapat membantu bisnis di Indonesia untuk menjangkau pasar global dengan lebih efektif. Penjual di e-commerce Indonesia, tegasnya, kini dapat menawarkan solusi pengiriman internasional kepada pelanggan mereka dengan harga yang terjangkau, juga memastikan sebagian besar pengiriman akan dikirim dalam waktu 2 hingga 3 hari kerja ke Amerika Serikat dan Eropa.
Berikut manfaat utama FICP bagi pemilik bisnis online dan pelanggan:
- FICP memungkinkan bisnis memperoleh harga yang lebih murah serta pengiriman tepat waktu kepada para pelanggan dengan mencocokkan penawaran menarik yang sesuai dengan kebutuhan pengiriman mereka;
- Selain pengantaran ke rumah, dengan layanan FCIP, pemilik bisnis online dapat memberikan pilihan kepada para pelanggan mereka untuk mengambil sendiri paket mereka dari ratusan lokasi pengambilan yang tersedia, juga opsi untuk mengubah tanggal dan lokasi pengiriman;
- Solusi otomatisasi pengiriman online dan offline tersedia bagi pemilik bisnis online untuk menikmati pengalaman paperless (menggunakan kertas seminimal mungkin dengan beralih ke digitalisasi dokumen);
- Fitur pelacakan FedEx memberikan visibilitas kepada pemilik bisnis online dan pelanggan mereka di seluruh rangkaian proses pengiriman.
FICP disebut juga menawarkan Bukti Pengiriman Bergambar untuk memberikan konfirmasi visual pengiriman dan meyakinkan penerima bahwa paket mereka telah terkirim, meskipun mereka tidak berada di rumah untuk menerimanya.