Dell Technologies (NYSE: DELL) mengumumkan Dell AI untuk Telekomunikasi, yaitu program yang dirancang untuk mempermudah dan mempercepat penerapan AI untuk penyedia layanan komunikasi atau communications service provider (CSP). Penelitian MeriTalk study terbaru yang disponsori Dell Technologies mengungkapkan bahwa 48% eksekutif di industri telekomunikasi melihat AI sebagai teknologi yang paling transformatif di industri dalam lima tahun ke depan, tapi 68% menyatakan organisasi mereka kesulitan mengimbangi perubahan teknologi dan kebutuhan pelanggan yang sangat cepat.

Program Dell AI untuk Telekomunikasi, yang merupakan bagian dari Dell AI Factory, diharapkan menjawab semua tantangan tersebut dengan menggabungkan keahlian, infrastruktur, dan layanan AI Dell dengan perangkat lunak dan silicon dari seluruh ekosistem AI. Program ini akan mengembangkan dan menerapkan solusi-solusi AI on-premise yang bisa digunakan CSP untuk meningkatkan kinerja jaringan, meningkatkan layanan pelanggan, dan menghadirkan nilai tambah edge enterprise yang lebih besar.

Baca Juga: Adopsi Kecerdasan Buatan (AI) Bantu Industri Tekan Kerugian Akibat Kebocoran Data

"Memanfaatkan berbagai peluang yang dihadirkan AI telah menjadi faktor pendorong utama untuk mentransformasi cloud jaringan. Dell AI untuk Telekomunikasi menggabungkan keahlian dan infrastruktur Dell dengan berbagai mitra di seluruh ekosistem untuk membantu para operator jaringan mengimplementasikan solusi-solusi AI di dalam dan di atas jaringan untuk memangkas biaya operasional (OPEX), meningkatkan kinerja, dan menciptakan peluang-peluang pendapatan baru," ucap Dennis Hoffman, Senior Vice President dan General Manager, Telecom Systems Business, Dell Technologies, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Jumat (4/10/2024).

Dell bekerja sama dengan NVIDIA untuk mentransformasi jaringan telekomunikasi dengan solusi AI untuk: 

  • Membuat dan memvalidasi solusi AI telekomunikasi untuk CSP yang dibangun dan divalidasi dengan Dell AI Factory dengan NVIDIA;
  • Memfasilitasi penerapan AI di edge jaringan telekomunikasi dengan server PowerEdge XR8000 yang kini tersedia dengan GPU NVIDIA L4 Tensor Core;
  • Membantu CSP membuat dan menerapkan berbagai penawaran GPU-as-a-Service (GPUaaS) sehingga mereka dapat menyediakan kapasitas GPU NVIDIA sesuai permintaan (on-demand) untuk pelanggan enterprise.  

Layanan Profesional Dell juga dapat membantu CSP dengan strategi, implementasi dan operasional Solusi AI untuk kasus penggunaan di industri telekomunikasi.

Kerja sama dengan operator jaringan untuk mempercepat adopsi dan inovasi AI Dell telah bekerja sama dengan beberapa CSP dalam Dell Telecom Open Ecosystem Lab untuk mengembangkan solusi AI dengan infrastruktur Dell AI Factory dan mitra ekosistem untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan meningkatkan kinerja jaringan.

  • Lintasarta, perusahaan solusi teknologi informasi dan komunikasi Indonesia menawarkan GPU Merdeka, yaitu layanan GPUaaS, untuk menyediakan infrastruktur AI, termasuk GPU NVIDIA dengan server Dell PowerEdge XE9680, untuk perusahaan-perusahaan di Indonesia;
  • SK Telecom, Dell dan beberapa mitra lainnya bekerja sama mengembangkan agen chat AI untuk penyedia layanan komunikasi. Platform Mobile Network Operator (MNO) AI yang diciptakan tim ini bertujuan mengintegrasikan AI ke dalam sistem pendukung bisnis (business support system/BSS) yang sudah ada untuk meningkatkan operasional bisnis perusahaan telekomunikasi, mendorong pertumbuhan pendapatan, serta dengan cepat mengatasi dan memecahkan masalah pelanggan. 

"Sebagai bagian dari kerja sama kami dengan Dell Technologies dan NVIDIA, Lintasarta akan meyediakan GPU-as-a-Service (Deka GPU) dengan infrastruktur Dell AI dan GPU NVIDIA untuk para pelaku bisnis nasional sehingga mereka dapat mengakses kemampuan AI terbaru yang dirancang untuk menjawab kebutuhan komputasi yang tinggi," ujar Gidion Suranta Barus, Chief Cloud Officer, Lintasarta.