“Banyak program dan fitur promosi online di Shopee yang bisa kita maksimalkan untuk strategi marketing. Hampir semua program dan fitur Shopee kita pakai. Contohnya, kita aktif mengadakan promo lewat kampanye Flash Sale, promo harga coret, dan voucher toko di Shopee. Menurut kami, ikutan program kampanye promosi ini termasuk sebagai salah satu bentuk investasi bisnis untuk menarik lebih banyak pembeli. Selain promo, fitur interaktif seperti Shopee Live juga bisa bantu membuat pembeli menjadi merasa lebih tertarik beli produk kita,” tambah Santi. 

Fitur interaktif Shopee Live memang terbukti sebagai salah satu fitur yang dapat membantu UMKM dan brand lokal dalam memperluas jangkauannya. Menyambut semester pertama tahun 2024, Shopee mencatatkan peningkatan penjualan produk UMKM dan brand lokal lebih dari 13 kali lipat melalui Shopee Live dibandingkan tahun lalu. 

Hasil riset Saff & Co: Selera parfum orang Indonesia dipengaruhi budaya Arab

Berdasarkan data style parfum lokal yang berhasil dikumpulkan oleh Saff & Co, masyarakat Indonesia umumnya tidak begitu menyukai aroma manis berlebihan yang menjadi ciri khas parfum pasar Amerika Serikat. Saff & Co pun bekerja sama dengan perfumer internasional yang berasal dari Singapura, Dubai, dan Paris untuk melakukan penelitian dan meracik khusus untuk pasar parfum di Indonesia.

Baca Juga: Perjalanan Sukses Kawan Lama Group: Dari Toko Perkakas Mungil di Glodok Menjelma Raksasa Bisnis di Indonesia

“Selera parfum masyarakat Indonesia secara umum itu condong ke arah campuran antara Western style dan Arabic style. Karakteristik wangi yang modern, namun di-layer dengan sentuhan amber, musk, dan oud yang dimodifikasi, dipadukan dengan spice lain seperti saffron, sehingga bisa tetap mudah diterima oleh masyarakat Indonesia dan bisa dipakai sehari-hari,” jelas Santi.

Hingga tahun 2024 ini, Saff & Co telah melahirkan 16 produk signature dan kedepannya, brand parfum lokal ini tidak hanya menargetkan pasar domestik melainkan juga siap bersaing di pasar internasional.

Keberhasilan Saff & Co merintis bisnis dengan memanfaatkan platform Shopee untuk berkembang menunjukkan betapa pentingnya kolaborasi antara brand lokal dan platform e-commerce. Dengan dukungan teknologi, Saff & Co dapat terus berinovasi dan menghadirkan rangkaian produk terbaik bagi konsumen Indonesia.