Sejalan dengan komitmen Shopee untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan produk lokal, Shopee terus menjadi kawan dalam perjalanan UMKM lokal.

Tidak hanya mendukung kesuksesan UMKM di dalam negeri, Shopee juga membuka peluang UMKM untuk bersinar di pasar global, melalui program unggulannya Program Ekspor Shopee. Sejak program ini diluncurkan pada tahun 2019, lebih dari 50 juta produk lokal dan UMKM telah berhasil diekspor ke berbagai negara.

Menariknya, dari berbagai kategori produk yang diekspor, pasar global memiliki minat yang tinggi terhadap produk fesyen lokal asal Indonesia. Tiga kategori fesyen terpopuler yang paling diminati di pasar ekspor Shopee di tahun 2024 adalah Fesyen Muslim, Fesyen Wanita, serta Fesyen Bayi & Anak.

Umma Baby adalah salah satu contoh UMKM produsen produk fesyen bayi asal Malang yang telah sukses bersaing di pasar global melalui Program Ekspor Shopee. Bisnis yang dimulai dengan modal 1 jutaan ini, kini berhasil melanglang buana sampai ke Amerika Latin.

Agung Wredho Mulyo dan istrinya, Fatatul Mustika, pemilik Umma Baby, mendirikan toko pakaian dan perlengkapan bayi online untuk bayi berusia 0-3 bulan dengan modal Rp1,5 juta pada tahun 2016.

Selama 9 tahun menjalani bisnis di e-commerce, Agung dan Tika percaya bahwa bisnis online akan semakin berkembang dan menjanjikan. Umma Baby telah menjadi bukti bahwa membangun bisnis di e-commerce tidak hanya membuat mereka sukses di dalam negeri, tetapi juga luar negeri.

Di sepanjang tahun 2024, Umma Baby bahkan berhasil mengekspor hampir 100.000 produk ke berbagai negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin melalui Program Ekspor Shopee.

Berawal dari pengalaman pribadi sebagai orang tua baru yang cukup merasa kesulitan saat mempersiapkan berbagai perlengkapan bayi untuk anak pertama, keduanya menyadari bahwa hal ini akan selalu menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua baru.

Hal inilah yang akhirnya menginspirasi pasangan asal Kepanjen ini dalam mendirikan Umma Baby, toko online yang menyediakan beragam produk newborn berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Saat ini, Umma Baby bahkan telah berhasil membuka lapangan kerja bagi lebih dari 200 karyawan lokal di daerah Malang.

“Kami sangat terbantu oleh Shopee, karena tanpa platform ini, kami tidak mungkin dapat melayani ribuan hingga puluhan ribu order dalam sehari seperti yang kami lakukan sekarang. Tidak cuma di Indonesia, kami juga berhasil membuktikan bahwa kami bisa bersaing di pasar global, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Taiwan, dan Kolombia. Hal tersebut bisa terjadi karena kemudahan berjualan di Shopee. Melalui Program Ekspor Shopee, penjualan ekspor kami semua operasionalnya dibantu oleh Shopee, mulai dari chat hingga pengiriman, kami tinggal packing pesanannya saja,” jelas Agung.

Tika menambahkan bahwa kunci mengembangkan bisnis Umma Baby terletak pada upayanya dalam mendeteksi tren fesyen ibu dan ayah bayi.

"Kami selalu berusaha mengikuti tren fesyen para orang tua bayi, kemudian kami menerjemahkan tren tersebut ke dalam produk bayi karena bayi belum bisa pilih baju sendiri. Tren pada warna, motif, atau model ini disesuaikan dengan selera orang tuanya agar klop antara orang tua dan anak. Selain itu, kami juga aktif ikutan kampanye seperti kampanye tanggal kembar, Big Ramadan Sale, Shopee Live, dan Shopee Video untuk memberikan voucher diskon bagi pembeli. Kami anggapnya program promosi itu sebagai investasi dan kami yakin bahwa hasilnya akan kembali lebih dari investasi tersebut," ungkap Tika.

Baca Juga: Jelang Ramadan, Brand Legendaris Indonesia Maspion Bagikan Inspirasi Tren Peralatan Elektronik Rumah Tangga di Shopee