Pengalaman Belanja Inovatif bagi Pembeli
Inovasi Shopee hadir untuk meningkatkan pengalaman belanja yang lebih baik. Salah satunya melalui program Garansi Tepat Waktu yang didukung oleh mitra jasa kirim seperti Anteraja, JNE, Pos Indonesia, dan SiCepat.
Melalui program ini Pembeli dapat menikmati layanan pengiriman yang lebih baik, termasuk voucher pengganti jika pesanan tiba melebihi waktu yang dijamin. Inisiatif ini meningkatkan kepercayaan pembeli sebelum mereka melakukan transaksi.
“Kami juga memahami bahwa Pembeli selalu membaca review produk sebelum melakukan pembelian. Kami berpikir apakah ada cara baru untuk membantu Pembeli bisa mendapatkan review produk yang lebih efisien? Tahun ini kami hadirkan fitur Rangkuman Penilaian berbasis Artificial Intelligence yang mempermudah Pembeli dalam membaca seluruh penilaian yang sudah diberikan pada produk tersebut. Fitur baru ini mendapatkan respon baik dari Penjual maupun Pembeli,” papar Christin.
Kampanye tematik juga terus menjadi andalan bagi Penjual dalam melayani pembeli. Kampanye 12.12 Birthday Sale yang baru saja usai berhasil membantu meningkatkan penjualan produk lokal dan UMKM hingga 7 kali lipat pada puncak kampanye dibandingkan hari biasa.
Mewujudkan Mimpi Melalui Inovasi Bagi Kreator
Konten interaktif seperti video dan live streaming juga menjadi pendorong inovasi. Fitur Shopee Live, yang dapat digunakan oleh Penjual maupun Kreator untuk sesi live streaming, telah ditonton sebanyak 735 juta jam sepanjang tahun 2024. Ini menunjukkan tingginya minat dari Pembeli pada konten interaktif yang juga melahirkan banyak peluang bagi Penjua.
Di tahun 2024, Shopee Live juga mencatatkan kenaikan jumlah Konten Kreator hingga 50% lebih banyak dibanding tahun sebelumnya, membuka peluang bagi siapapun untuk mewujudkan mimpi mereka melalui Shopee.
Kenaikan ini juga berdampak positif terhadap penjualan produk UMKM, yang secara total telah terjual lebih dari 1 miliar produk UMKM melalui Shopee Live. Jumlah produk UMKM yang terjual di Shopee Live jika disusun, sama dengan jarak dari Bumi ke Matahari!
“Tidak hanya inovasi untuk pengalaman berbelanja para Pembeli, Shopee juga mendukung kebutuhan gaya hidup islami melalui fitur Al-Quran dan Kiblat yang yang tersedia pada kanal Shopee Barokah dan telah digunakan lebih dari 25 juta kali hingga tahun 2024. Kami senang bisa menjadi platform inklusif yang dapat mendorong inovasi serta menemani pengguna dalam keseharian mereka di sepanjang tahun ini. Terima kasih atas kepercayaannya pada Shopee,” tutup Christin.
Baca Juga: Kiat-kiat Jitu Agar UMKM Naik Kelas dan Berdaya di Era Digital