5. Terhubung dengan orang lain

Cobalah meningkatkan hubungan positif dengan rekan kerja dengan melakukan komunikasi terbuka, menawarkan dukungan, dan meminta bantuan saat diperlukan. Koneksi sosial di tempat kerja dapat memberikan rasa memiliki dan kenyamanan.

6. Tetapkan tujuan yang realistis

Bagi tugas menjadi bagian-bagian yang lebih kecil dan dapat dikelola untuk menetapkan tujuan yang realistis dan menghindari perasaan kewalahan. Rayakan pencapaian dan kemajuan kecil, seperti menerima penghargaan dari senior atau berhasil menyelesaikan tugas sulit, untuk meningkatkan motivasi dan kepercayaan diri.

7. Carilah dukungan

Ketahuilah bahwa tidak apa-apa untuk meminta bantuan dan mencari dukungan. Jangan ragu untuk menghubungi supervisor, departemen SDM, atau spesialis kesehatan mental, jika kamu menghadapi stres terkait pekerjaan atau masalah kesehatan mental.

8. Prioritaskan perawatan diri

Prioritaskan perawatan diri dengan tidur yang cukup, menjaga pola makan seimbang, dan melakukan aktivitas yang memberi kamu kebahagiaan di luar pekerjaan. Selain itu, jangan ragu untuk mengatakan “tidak” jika kamu merasa terbebani dengan tugas tambahan di tempat kerja yang berada di luar profil kerjamu, Growthmates.

9. Praktekkan manajemen waktu

Gunakan alat sederhana seperti buku catatan warna-warni dan daftar tugas untuk tetap termotivasi dan terorganisir, mencatat tugas dan komitmen penting kamu. Pendekatan ini bermanfaat untuk mengatur waktu secara efektif, memprioritaskan tugas-tugas yang sangat penting, dan menghindari perasaan kewalahan.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Baca Juga: 6 Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Para Pekerja, Harus Dicoba!