Growthmates, kepemimpinan hari ini tidak seperti dulu. Saat ini, para pemimpin bisnis membutuhkan lebih dari otoritas, mereka membutuhkan relevansi. Tetapi menjadi pemimpin yang relevan bukan hanya tentang mengadopsi perilaku baru, namun tentang melepaskan kebiasaan buruk. Terutama mereka yang lebih berbahaya daripada kebaikan.

Pemimpin yang relevan sendiri adalah pemimpin yang dapat memengaruhi kehidupan orang-orang yang dipimpinnya dengan cara yang positif. Pemimpin ini biasanya berbagi kesamaan. Ini bukan keterampilan teknis mereka, gelar atau penghargaan mereka. Ini tentang mewujudkan sifat -sifat inti seperti tanggung jawab, kehadiran, kecerdasan emosional, keberanian, empati, dan kebijaksanaan.

Berikut adalah 6 perilaku yang harus Anda ubah dan yang harus Anda pelajari kembali agar bisa menjadi pemimpin bisnis yang relevan di tahun 2025. Apa saja kira-kira, ya?

1. Berhenti mengendalikan segalanya

Apakah Anda merasa selalu mengelola mikro setiap keputusan? Banyak pemimpin bisnis yang mengaitkan kontrol dengan ketertiban dan efisiensi. Sementara kontrol memiliki tempatnya, ia dapat menghambat kreativitas dan mengasingkan tim Anda.

Orang-orang bosan dengan pendekatan yang diresepkan untuk pekerjaan mereka. Cobalah mulai untuk mengendalikan segalanya, alih-alih fokus pada tanggung jawab yang diperoleh. Renungkan mengapa Anda mendapatkan peran kepemimpinan di tempat pertama dan paastikan tindakan Anda mencerminkan kepercayaan yang diperoleh.

Melepaskan dan mendelegasikan lebih banyak tidak berarti Anda kehilangan kendali. Ini menandakan kepercayaan pada orang-orang di sekitar Anda dan kepercayaan diri Anda sendiri. Mengizinkan otonomi tim Anda menunjukkan bahwa Anda mempercayai keahlian mereka, yang mengarah pada hasil yang lebih baik dan tenaga kerja yang lebih termotivasi.

2. Kepemimpinan transaksional

Sangat mudah untuk jatuh ke dalam ritme pertukaran transaksional, ‘memukul’ target, dan melanjutkan. Tetapi kepemimpinan lebih dari sekadar mencentang item dari daftar yang harus dilakukan.

Tim Anda membutuhkan kehadiran. Mereka membutuhkan pemimpin yang secara aktif mendengarkan, memahami tantangan mereka, dan menginvestasikan waktu dalam interaksi yang bermakna. 

Hadir berarti mengetahui apa yang diharapkan anggota tim  dari Anda - tidak hanya dalam hal tugas tetapi juga dalam dukungan emosional. Pemimpin yang benar-benar saat ini tidak hanya melihat angka; Mereka melihat individu. Memahami motivasi dan perjuangan orang mendorong komunikasi dan kepercayaan terbuka.

3. Selalu perlu memimpin

Keputusan yang dibuat seorang pemimpin di tempat kerja mencerminkan tipe orang yang dia inginkan. Keberhasilan kepemimpinan tidak lagi diukur dengan uang atau kekuasaan, ini adalah tentang kemampuan Anda untuk mempengaruhi kemajuan orang lain. Orang paling cerdas atau paling keras di ruangan itu tidak berarti mereka adalah yang paling berwawasan luas. Pemimpin terbaik juga pengikut terbaik.

Pada tahun 2025 kepemimpinan membutuhkan kecerdasan emosional untuk mengenali kapan harus mundur dan memberdayakan orang lain untuk memimpin. Ini tentang kerendahan hati dan kemampuan beradaptasi; Mengetahui kapan harus mendengarkan dan belajar dari orang -orang yang Anda kelola menciptakan lingkungan yang saling menghormati.

4. Bermain aman

Ketakutan akan reaksi dapat menggoda para pemimpin untuk menghindari keputusan yang sulit. Namun, keberanian untuk bertindak dengan integritas - bahkan ketika berisiko atau tidak populer - adalah tempat yang benar-benar dihormati.

Para pemimpin menjadi terhubung untuk bermain untuk tidak kalah, daripada bermain untuk menang. Bermain aman menjadi tindakan egois daripada yang memiliki minat terbaik dari orang lain dalam pikiran.

Menjadi berani bukan berarti ceroboh, tetapi melakukan apa yang benar. Ini berarti berdiri di dekat nilai-nilai Anda, mengadvokasi apa yang benar dan membuat keputusan dengan manfaat jangka panjang dalam pikiran daripada kenyamanan jangka pendek. Ketika tim melihat Anda mengambil tindakan berprinsip, itu menciptakan budaya transparansi dan akuntabilitas.

5. Memisahkan pekerjaan dan emosi

Selama bertahun-tahun, kami diajari bahwa para pemimpin tidak dapat menjadi emosional, atau mereka tidak akan dihormati. Mereka akan dianggap terlalu lunak dan tidak bisa membuat keputusan yang sulit. Tetapi pada tahun 2025, memimpin tanpa emosi berarti memimpin tanpa koneksi.

Para pemimpin yang sukses saat ini mengakui bahwa empati - kemampuan untuk memahami dan berbagi perasaan orang lain - adalah sikap adidaya. Dalam banyak hal, para pemimpin tidak memiliki hak untuk memimpin orang lain tanpa memiliki "pola pikir psikolog perusahaan" untuk benar-benar memahami dan terhubung dengan tim mereka.

Empati memanusiakan dan mempersonalisasikan kepemimpinan. Ini menunjukkan kepada tim bahwa Anda melihatnya sebagai orang, bukan hanya pekerja. Dengan terhubung dengan emosi, perjuangan, dan aspirasi mereka, Anda menciptakan kesetiaan dan menumbuhkan lingkungan di mana orang merasa dihargai.

6. Melakukan kebiasaan buruk

Mungkin perilaku paling kritis untuk melepaskan kebiasaan buruk adalah keyakinan bahwa Anda tidak bisa atau tidak perlu berubah. Kebijaksanaan kepemimpinan melibatkan mengakui bahwa berpegang teguh pada kebiasaan yang sudah ketinggalan zaman membatasi pertumbuhan Anda. Ini tentang terus-menerus mengaudit diri Anda, memahami titik-titik buta Anda dan berevolusi.

Para pemimpin yang paling relevan adalah mereka yang tidak takut untuk melepaskan dan mempelajari kembali secara terus-menerus. Mereka memahami bahwa setiap tantangan baru menuntut versi baru diri mereka. Dengan melepaskan apa yang tidak lagi melayani Anda, Anda membuka jalan bagi inovasi dan pertumbuhan.