Growthmates, teman kantor merupakan satu aspek penting yang mendukung kamu dalam bekerja. Namun, gak semua teman kantor bisa memberikan support dan dampak baik kepadamu. Ada teman kantor yang termasuk ke dalam golongan teman toxic.
Teman kerja yang toxic adalah mereka yang perilakunya tidak profesional atau mengganggu, menciptakan lingkungan kerja tidak sehat bagi semua karyawan.
Nah, kira-kira seperti apa ya ciri-ciri teman kantor yang toxic? Mengutip dari Fortune pada Sabtu (29/06/2024), berikut penjelasannya:
1. Suka Merendahkan
Teman kerja yang toxic cenderung menunjukkan perilaku yang merendahkan orang lain. Hal ini bisa berupa sikap tidak menghargai pekerjaan atau prestasi orang lain.
Baca Juga: Kenali 7 Tanda Lingkungan Kerja Toxic, Berdampak Buruk pada Fisik dan Bikin Gak Produktif!
Mereka mungkin juga tidak memberikan dukungan atau apresiasi terhadap pencapaian rekan kerja. Sikap tersebut tidak hanya merugikan secara emosional, tetapi juga dapat merusak hubungan kerja dan menciptakan ketegangan di lingkungan kerja.
2. Bergosip Terus Menerus
Gosip bisa merusak hubungan profesional antara rekan kerja dan mengganggu kinerja tim. Selain itu, gosip juga bisa menyebabkan perasaan tidak nyaman dan ketidakpercayaan di antara anggota tim.
3. Bersaing Secara Berlebihan
Bersaing dalam pekerjaan boleh saja asal masih dalam kategori persaingan sehat. Kalau temanmu termasuk ke dalam teman toxic, mereka mungkin melakukan tindakan negatif untuk mendapatkan keunggulan.
Baca Juga: 5 Cara Menghadapi Rekan Kerja yang Toxic
Tindakan tersebut eperti menyembunyikan informasi atau menciptakan ketidaknyamanan bagi rekan kerja lainnya. Hal ini tentu bisa mengganggu kolaborasi dan menciptakan suasana tidak baik dalam tim.
4. Mengganggu saat bekerja
Teman kerja yang tidak fokus pada pekerjaan mereka sendiri dan sering mengganggu orang lain dapat menghambat produktivitas tim secara keseluruhan.
Pasalnya, keluhan serta gangguan yang tidak penting bisa menghambat kemajuan proyek dan mengganggu konsentrasi.
Baca Juga: 8 Strategi Menjaga Kesehatan Mental di Tengah Lingkungan Kerja yang Toxic
5. Mengganggu privasi
Teman kerja yang tidak menghargai privasi dan terus-menerus mencampuri urusan pribadi orang lain dapat menciptakan ketidaknyamanan dan kecemasan di lingkungan kerja.
Selain itu, menyebarkan informasi pribadi ke rekan kerja lainnya tanpa izin bisa merusak kepercayaan dan mengganggu hubungan profesional.
Nah, gimana tuh Growthmates? Ada gak teman-teman kantormu yang memiliki ciri-ciri di atas?