11 tahun bukan waktu yang sebentar bagi Transcosmos Indonesia tumbuh menjadi perusahaan layanan customer experience dan digital marketing. PT Transcosmos Indonesia (TCID) merupakan salah satu anak perusahaan dari Transcosmos Inc., yang sudah didirikan pada 1985 di Tokyo, Jepang.

Hadir sejak 2013 silam, TCID yang semula hanya menangani satu perusahaan di Jakarta, kini telah berkembang menjadi perusahaan dengan lebih dari 3.200 karyawan dan memperluas jangkauan. 

11 tahun bukan waktu sebentar, TCID sudah melalui lika-liku perjalanan yang ditandai dengan berbagai milestone penting. 2014 lalu, TCID meluncurkan layanan digital marketing yang komprehensif dan holistik. Hingga akhirnya, mengimplementasikan layanan chatbot unttuk meningkatkan efisiensi layanan pelanggan pada 2017.

Tak sampai di situ, TCID memperluas jangkauannya melalui pembukaan kantor kedua di Semarang pada 2018. Dan di tahun 2024 ini, TCID kembali meresmikan pembukaan kantor ketiganya di Yogyakarta.

Selama perjalanannya, TCID memanfaatkan teknologi AI untuk meningkatkan efisiensi operasional dan pengalaman pelanggan. Adapun layanan customer experience yang ditawarkan TCID berupa contact center hingga layanan digital marketing.

Baca Juga: Strategi Inovasi Digital Jalur Cepat Ala Multipolar Technology, seperti Apa Modelnya?

“Transcosmos mengajarkan AI dengan praktik terbaik Contact Center. Kami memastikan AI tahu kapan harus mengeskalasi ke manusia. Perusahaan yang ingin mengembangkan AI sendiri akan menghadapi biaya besar dan kebutuhan resource yang tinggi. Dengan Transcosmos, perusahaan bisa memanfaatkan teknologi yang sudah kami kembangkan dan kami latih,” ujar Vice President Director PT Transcosmos Indonesia, Ardi A. Sudarto, dalam agenda Media Interview di Noesaka Restaurant, Kuningan, Kamis (20/6/2024).

Ardi menambahkan, hingga saat ini sudah menangani puluhan perusahaan multinasional dan multi industri yang mempercayakan layanan customer experience dan digital marketing kepada Transcosmos Indonesia.

Head of Business Development PT Transcosmos Indonesia, Diana Pangestu yang turut hadir dalam kesempatan tersebut mengungkap, salah satu inovasi yang dilakukan TCID dengan memanfaatkan teknologi AI adalah adanya kehadiran chatbot dan talkbot untuk menjawab pertanyaan hingga keluhan pelanggan secara real-time.

Menariknya, inovasi tersebut dimodifikasi TCID sebaik mungkin hingga interaksi yang tercipta laiknya seperti dengan manusia. Untuk memperkuat efisiensi, Transcosmos Indonesia juga memadukan keunggulan SDM dan teknologi.

“AI memungkinkan percakapan dua arah untuk layanan sederhana, tetapi komplain kompleks tetap membutuhkan manusia. Transcosmos menggabungkan AI dengan manusia untuk menjaga kualitas customer experience,” jelas Diana.

Di samping itu, teknologi baru saat ini yang tengah dirancang TCID adalah Translingo. Ini merupakan alat terjemahan mesin yang memungkinkan layanan obrolan multi bahasa tanpa memerlukan agent contact center bilingual. 

Baca Juga: Terus Berekspansi, Erajaya Digital Resmikan 32 Gerai Baru Sepanjang Mei

Alat ini mendukung 15 bahasa dan menjamin terjemahan yang akurat menggunakan teknologi AI terbaru, sehingga meningkatkan komunikasi antara pelanggan dan agen dalam bahasa pilihan mereka.

Ada pula TransCXP yang juga tengah dikembangkan TCID. Ini merupakan platform pelanggan omni-channel yang dirancang untuk mengintegrasikan dan menyederhanakan interaksi pelanggan di berbagai platform digital dan voice channel.

Selain itu, TCID juga menyediakan layanan Robotic Process Automation (RPA) untuk membantu divisi HR, GA, keuangan, dan IT dalam beralih dari proses manual ke otomatisasi untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi.

Dengan inovasi berkelanjutan dan perluasan jangkauan, TCID telah menjadi mitra andal bagi banyak perusahaan di Indonesia. Kepuasan dan pengalaman pelanggan selalu menjadi prioritas utama, yang dibuktikan oleh berbagai penghargaan yang diterima oleh para klien.

11 tahun memberikan pelayanan customer expercience, TCID berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan klien dengan memberikan pelayanan yang inovatif dan berkualitas tinggi.

“Kami berkomitmen untuk terus mendukung pertumbuhan dan kesuksesan klien kami melalui layanan yang inovatif dan berkualitas tinggi,” imbuh Ardi.