HUT ke-79 RI sudah di depan mata. Dalam hitungan hari, masyarakat Tanah Air serentak merayakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) dengan penuh suka cita. Ada banyak kegiatan yang dilakukan masyarakat demi menunjukkan semangat, antusiasme, dan nasionalisme dalam rangka menyambut hari kemerdekaan.

Masing-masing individu memiliki caranya sendiri untuk menunjukan semangat dan antusiasme dalam menyambut hari kemerdekaan, termasuk melalui dukungannya terhadap produk lokal. Menyalurkan cinta dan menunjukan rasa bangga pada produk-produk karya dalam negeri, merupakan salah satu bentuk nasionalisme. 

Seperti yang diketahui, produk lokal dari UMKM serta brand lokal, tidak hanya menjadi salah satu cara untuk semakin memperluas jangkauan budaya, tetapi juga berperan signifikan dalam kemajuan perekonomian Indonesia. 

Fashion menjadi salah satu kategori yang banyak diminati oleh masyarakat. Perputaran tren fashion tidak hanya memanjakan konsumen saat berbelanja, tetapi juga menjadi peluang bagi pelaku usaha untuk terus berkreasi dan menciptakan inovasi produk. 

Hal ini pula yang menjadi semangat tersendiri bagi pelaku usaha lokal dalam memajukan industri fashion di Indonesia, dimana peluang yang dilahirkan oleh tren tersebut dimanfaatkan bagi para pelaku usaha lokal untuk terus memperkuat potensi dan unjuk gigi menunjukan bahwa kualitas produk lokal dapat bersaing di pasar global. 

Sebagai platform e-commerce, Shopee, terus berkomitmen untuk tidak hanya menghadirkan wadah yang memudahkan para pengguna nya untuk mengakses ragam produk lokal, tetapi juga menghadirkan inovasi dan inisiatif yang dapat mendukung UMKM dan brand lokal untuk terus memperkuat potensinya. 

Baca Juga: Cerita Sukses Pelaku UMKM Sepatu Beromzet Jumbo, Apa Rahasianya?

“Hingga saat ini, produk lokal dari berbagai kategori semakin menunjukan perkembangan yang signifikan, salah satunya pada dunia fashion. Mulai dari kreativitas yang dihasilkan dari produk-produk inovatif hingga kolaborasi yang semakin meningkatkan daya tarik industri lokal. Melalui hal tersebut, Shopee terus berupaya untuk memberikan kemudahan dengan menghadirkan ragam produk yang dapat memenuhi masing-masing preferensi pengguna. Tidak hanya itu, di saat yang sama, Shopee berharap hadirnya promo hingga fitur-fitur yang dihadirkan, dapat terus mendorong kreativitas, inovasi dan keberlanjutan bagi UMKM dan brand lokal,” ujar Director Business Partnership Shopee Indonesia, Daniel Minardi, dalam rilis yang diterima Olenka seperti dikutip, Sabtu (10/8/2024).

Tren baru terkadang memang membawa angin baru dan segar, tetapi saat ini banyak juga tren masa lalu yang kembali diminati dengan sedikit sentuhan modern. Salah satu nya seperti, gaya vintage dan retro yang kembali populer dengan tambahan elemen kontemporer, atau streetwear yang semakin digemari karena fleksibilitas dan kenyamanannya. 

Perputaran tren ini menciptakan banyak peluang bagi industri lokal untuk terus berkembang dan berinovasi. Lalu apa sajakah tren yang sedang banyak diminati saat ini? Penasaran apa saja? Berikut di antaranya.