Di era kemajuan teknologi dan internet yang begitu pesat, keberadaan Influencer sangat berpengaruh bagi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan. Salah satunya mempengaruhi perilaku dan keputusan pembelian masyarakat, khususnya bagi mereka pengguna media sosial.

Sebuah studi yang dirilis oleh konsultan komunikasi VERO bersama YouGov dari hasil survei yang dilakukan awal tahun 2024 mengungkap, ada sekira 94% responden (re: mewakili populasi online/pengguna internet) menunjukkan pengaruh besar dari influencer digital dalam membentuk perilaku konsumen dan tren di Indonesia.

Melihat hal tersebut, tim influencer VERO juga merekomendasikan agar pengusaha memanfaatkan potensi pemasaran influencer yang terus berkembang sebagai pilar utama dalam strategi komunikasi dan pemasaran mereka. Konten pemasaran influencer pun harus fokus pada storytelling yang autentik, bukan hanya sekedar hiburan.

“Efektivitas pemasaran influencer didasarkan pada hubungan yang tulus antara perusahaan dan pembuat konten, yang didasarkan atas kepercayaan dan nilai-nilai bersama. Mengenali influencer sebagai individu-individu yang berbeda-beda dengan perspektif unik masing-masing memungkinkan mereka untuk mengintegrasikan pesan merek secara relevan kepada mereka. audiens, sehingga meningkatkan kesadaran merek dan mendorong konversi,” ujar Chatrine Siswoyo, Senior Advisor ASEAN VERO.

Baca Juga: 6 Tips Menjadi Influencer Instagram yang Sukses dan Populer, Intip di Sini!

Ditemui dalam agenda media briefing, Catherine Siswoyo berbagi tips yang dapat dilakukan para pengusaha untuk memilih influencer yang tepat sebagai bentuk strategi pemasaran mereka dalam mempromosikan produk agar lebih dikenal masyarakat. Menurut Catherine, langkah pertama yang harus dilakukan pebisnis yakni menentukan tujuan yang jelas.

“Sebagai pebisnis, kita harus tahu dulu goal-nya apa, objektifnya apa. Misalkan mau memasarkan sesuatu, memasarkan produk, apakah membuat brand awareness, apakah lebih dari engagement, itu kita sebagai bisnis disarankan harus tahu dulu nih clear goalnya apa,” ujarnya kepada awak media, Selasa (21/5/2024).