Laporan terbaru dari survei Bank DBS Indonesia-Financial Times Longitude mengungkap pentingnya peran strategis departemen keuangan dan treasury pada perusahaan dalam menentukan lintasan jangka panjang bisnis global. Dalam laporan yang menyurvei 570 eksekutif dari 15 pasar di Asia-Pasifik, Eropa, dan Amerika Utara itu terungkap, prioritas strategis utama bagi bisnis di Indonesia dalam dua tahun ke depan adalah meningkatkan produktivitas dan kinerja operasional (83 persen), serta meningkatkan kepuasan dan retensi pelanggan (77 persen).

Indonesia memiliki sumber daya alam yang melimpah dan telah mengalami pertumbuhan yang stabil di sektor logam, pertambangan, dan manufaktur yang mendukung permintaan industri kendaraan listrik (EV). Investasi infrastruktur yang gencar dilakukan telah meningkatkan kepercayaan investor terhadap negara ini.

Baca Juga: Peningkatan Daya Beli Konsumen dan Investasi, PDB Indonesia Diprediksi Tumbuh Stabil di Semester II/2024

"Seiring dengan makin pentingnya upaya-upaya keberlanjutan, seperti mengamankan pembiayaan untuk inisiatif dekarbonisasi yang meluas, kami percaya bahwa peningkatan kepercayaan investor yang signifikan terhadap Indonesia menggarisbawahi fundamental ekonomi yang kuat dan prospek pertumbuhan yang menjanjikan," ujar Head of Institutional Banking Group PT Bank DBS Indonesia, Kunardy Lie, dikutip Selasa (30/7/2024).

Selain itu, para eksekutif di Indonesia juga melihat diversifikasi bisnis sebagai tujuan utama dengan banyak dari mereka yang berfokus untuk membangun pertumbuhan bisnis di Asia dan mendapatkan keahlian dan talenta baru–73 persen menyebutkan bahwa hal tersebut merupakan prioritas.

Namun, bisnis-bisnis di Indonesia menghadapi berbagai hambatan dengan akses terhadap modal dan pembiayaan serta ketidakpastian geopolitik berada pada urutan teratas dalam daftar, diikuti oleh penurunan dan volatilitas ekonomi. Karena banyak bisnis di negara ini memiliki cadangan yang cukup besar untuk mendanai ekspansi dan tujuan digitalisasi mereka, tantangan ini mungkin muncul terutama di negara-negara lain di Asia di mana afiliasi lokal mereka memiliki keinginan untuk memperluas operasi.

Menanggapi kebutuhan untuk mendorong prioritas strategis dan memfasilitasi strategi diversifikasi, para eksekutif mengindikasikan bahwa strategi korporasi merupakan upaya strategis yang paling mungkin dilakukan oleh tim treasury dan keuangan Indonesia (87 persen), diikuti oleh pengadaan dan rantai pasokan (83 persen).

Namun demikian, jika dibandingkan dengan rata-rata global, eksekutif di Indonesia relatif lebih kecil menyatakan bahwa treasury dan keuangan terlibat dalam keberlanjutan dan dekarbonisasi (60 persen berbanding 71 persen) dan manajemen risiko (63 persen berbanding 71 persen).

Lalu, apa langkah selanjutnya bagi tim treasury dan keuangan di Indonesia? Hampir enam dari sepuluh (57 persen) perusahaan di Indonesia percaya bahwa tim treasury dan keuangan menjadi sangat penting bagi kesuksesan mereka di era globalisasi. Perusahaan-perusahaan di Indonesia melaporkan bahwa departemen treasury dan keuangan mereka unggul dalam penyelarasan strategi dengan organisasi yang lebih besar (70 persen), serta mendapatkan pembiayaan yang menguntungkan untuk proyek-proyek diversifikasi (67 persen).

Sejalan dengan penciptaan nilai dan menyesuaikan dengan era digitalisasi, Bank DBS Indonesia secara konsisten menyediakan solusi terintegrasi yang menggabungkan berbagai teknologi dan proses perbankan untuk menciptakan sistem yang terhubung secara mulus ke dalam operasional nasabah.

Baca Juga: DBS Foundation Dukung Upaya Liberty Society Berdayakan Perempuan Prasejahtera

Mengimplementasikan produk dan layanan ke dalam proses bisnis nasabah melalui kanal-kanal terintegrasi DBS RAPID atau Real Time Application Programming Interface (API) by DBS memungkinkan nasabah untuk terhubung melalui teknologi API terbaru untuk transaksi yang real-time.

Head of Global Transaction Services PT Bank DBS Indonesia, Dandy Indra Wardhana Pandi, mengatakan, "Solusi-solusi teknologi ini tidak hanya merampingkan operasional keuangan, tetapi juga merupakan kunci kesuksesan untuk meningkatkan produktivitas dan kinerja operasional serta meningkatkan kepuasan dan retensi nasabah. Selain itu, sinergi antara seluruh unit bisnis memastikan operasional bank berjalan dengan efisien sehingga memungkinkan bisnis untuk mencapai tujuan dengan lebih efektif."