UMKM terus menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Selain berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), sektor ini juga menyerap sebagian besar tenaga kerja nasional. Namun, di balik perannya yang vital, pelaku UMKM menghadapi persaingan yang semakin ketat sehingga dituntut untuk cermat dalam mengelola strategi, termasuk dalam hal operasional.
Sebuah riset dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mencatat bahwa 65,5% UMKM di Indonesia masih mengandalkan penjualan offline, sementara hanya 34,25% yang sudah memanfaatkan platform digital. Operasional berbasis offline tentu memerlukan dukungan perangkat pendukung, mulai dari penyimpanan, pendingin, hingga penyedia air bersih. Semua itu bisa menjadi beban tambahan jika tidak dikelola dengan baik.
Untuk menjawab kebutuhan tersebut, kini hadir opsi berlangganan perangkat elektronik yang bisa dimanfaatkan UMKM, terutama bagi mereka yang membutuhkan perangkat intensif dalam kegiatan sehari-hari.
“MODENA memahami bahwa pelaku UMKM tidak hanya membutuhkan strategi penjualan yang kuat, tetapi juga pengelolaan operasional yang lebih efisien. Lewat Seamless Go Subscription Service, kami ingin memberikan solusi yang bukan hanya relevan untuk kebutuhan rumah tangga, tetapi juga mendukung pelaku bisnis agar bisa fokus pada pertumbuhan usaha tanpa terbebani urusan teknis,” terang Teddy Wijaya, Vice President Marketing MODENA, dikutip Rabu (10/9/2025).
Seamless Go Subscription Service merupakan layanan berlangganan multi-kategori elektronik rumah tangga pertama di Indonesia. Pada tahap awal, MODENA memperkenalkan Reverse Osmosis Water Purifier sebagai perangkat pertama dalam skema ini.
Air Bersih, Kebutuhan Vital UMKM
Pemilihan produk water purifier bukan tanpa alasan. Survei INDEF pada Januari 2024 mencatat, 53,9% UMKM di Indonesia bergerak di sektor makanan dan minuman. Air bersih pun menjadi elemen vital, tidak hanya untuk produksi dan penyajian, tetapi juga konsumsi sehari-hari di kantor atau gerai offline.