UMKM terus menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia. Selain berkontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), sektor ini juga menyerap sebagian besar tenaga kerja nasional. Namun, di balik perannya yang vital, pelaku UMKM menghadapi persaingan yang semakin ketat sehingga dituntut untuk cermat dalam mengelola strategi, termasuk dalam hal operasional.

Sebuah riset dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) mencatat bahwa 65,5% UMKM di Indonesia masih mengandalkan penjualan offline, sementara hanya 34,25% yang sudah memanfaatkan platform digital. Operasional berbasis offline tentu memerlukan dukungan perangkat pendukung, mulai dari penyimpanan, pendingin, hingga penyedia air bersih. Semua itu bisa menjadi beban tambahan jika tidak dikelola dengan baik.

Untuk menjawab kebutuhan tersebut, kini hadir opsi berlangganan perangkat elektronik yang bisa dimanfaatkan UMKM, terutama bagi mereka yang membutuhkan perangkat intensif dalam kegiatan sehari-hari.

“MODENA memahami bahwa pelaku UMKM tidak hanya membutuhkan strategi penjualan yang kuat, tetapi juga pengelolaan operasional yang lebih efisien. Lewat Seamless Go Subscription Service, kami ingin memberikan solusi yang bukan hanya relevan untuk kebutuhan rumah tangga, tetapi juga mendukung pelaku bisnis agar bisa fokus pada pertumbuhan usaha tanpa terbebani urusan teknis,” terang Teddy Wijaya, Vice President Marketing MODENA, dikutip Rabu (10/9/2025).

Seamless Go Subscription Service merupakan layanan berlangganan multi-kategori elektronik rumah tangga pertama di Indonesia. Pada tahap awal, MODENA memperkenalkan Reverse Osmosis Water Purifier sebagai perangkat pertama dalam skema ini.

Air Bersih, Kebutuhan Vital UMKM

Pemilihan produk water purifier bukan tanpa alasan. Survei INDEF pada Januari 2024 mencatat, 53,9% UMKM di Indonesia bergerak di sektor makanan dan minuman. Air bersih pun menjadi elemen vital, tidak hanya untuk produksi dan penyajian, tetapi juga konsumsi sehari-hari di kantor atau gerai offline.

Baca Juga: Peringati Hari Pelanggan Nasional, Bank Artha Graha Internasional Dorong Digitalisasi UMKM Lewat Promo QRIS

Dengan berlangganan Seamless Go Subscription Service, pelaku usaha cukup membayar biaya bulanan dengan pilihan durasi 3 hingga 7 tahun. Layanan ini sudah termasuk instalasi, perawatan rutin setiap tiga bulan, penggantian filter, hingga perbaikan jika terjadi kerusakan. Skema ini membantu UMKM menghindari beban investasi awal yang besar serta risiko biaya tak terduga.

Beberapa keuntungan yang ditawarkan layanan ini antara lain:

  • Efisiensi biaya: bebas dari investasi awal yang besar.
  • Perawatan terjamin: tidak perlu khawatir biaya tambahan.
  • Fokus pada bisnis: pelaku usaha bisa menghemat waktu dan tenaga.
  • Kepastian kualitas: jaminan ketersediaan air bersih dan sehat setiap hari.

“Model subscription sudah menjadi tren di berbagai industri karena memberikan fleksibilitas, efisiensi biaya, dan ketenangan bagi pengguna. Untuk UMKM, layanan seperti Seamless Go Subscription Service bisa menjadi jawaban nyata agar mereka dapat mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk inovasi dan ekspansi bisnis,” tambah Teddy.

Produk Komersial dengan Harga Terjangkau

Produk Water Purifier RO 9115 menjadi unggulan pertama layanan ini. Dengan kapasitas tangki 17 liter dan kemampuan filtrasi 75 gdp, tipe standing ini cocok untuk kebutuhan komersial yang intens. Empat tahap penyaringan dilengkapi filter canggih serta sterilisasi UV memastikan kualitas air tetap terjaga.

Harga berlangganan mulai dari Rp350 ribu per bulan menjadikan solusi ini lebih efisien dibandingkan penggunaan galon, yang bisa menelan biaya lebih tinggi untuk konsumsi dalam jumlah besar.

“Ke depannya, MODENA juga berencana menghadirkan lebih banyak perangkat elektronik dalam layanan Seamless Go Subscription Service. Dengan begitu, UMKM dapat mengelola bisnisnya secara lebih praktis, efisien, dan berkelanjutan tanpa terbebani repotnya urusan operasional,” pungkas Teddy.

Baca Juga: MODENA Luncurkan Tech School, Jembatani Vokasi dan Dunia Kerja