NEW ERA turut merayakan eksistensi topi 59FIFTY® yang ikonik dan berpengaruh di dunia sports dan pop culture sejak era 1950-an. Lewat gelaran 59FIFTY® Day yang ke-71, NEW ERA mengangkat tema “The Fitted Family”, yang artinya topi ini mempersatukan semua kalangan, mulai dari atlet, kreator, hingga everyday fans. Tahun ini, NEW ERA juga menghadirkan lima siluet topi 59FIFTY®, terlengkap dalam sejarah.

Sejarah topi 59FIFTY® erat kaitannya dengan perjalanan NEW ERA sebagai pelopor topi baseball Amerika pada tahun 1930-an. Awalnya, NEW ERA memproduksi topi baseball untuk team Cleveland Indians. Berkat respons positif dari para penggemar, NEW ERA semakin dipercaya memproduksi topi untuk berbagai tim Major League Baseball (MLB) lain. 

Kemudian, pada 1954, founder NEW ERA Harold Koch terinspirasi untuk mendesain ulang topi baseball versi lama, menjadi 59FIFTY®; yaitu topi yang pas di kepala (fitted) tanpa adjustable strap, dengan crown tegas dan visor datar. Topi ini kemudian menjadi standar resmi seluruh tim Major League Baseball (MLB). 

Selain memperkokoh eksistensi di kalangan komunitas baseball, popularitas 59FIFTY® juga telah menembus skena fashion dan musik, menjadikan topi ini item penting dalam streetwear fashion. 

“Topi 59FIFTY® sendiri nggak cuma eksis di komunitas baseball, tetapi juga olahraga lain seperti basket dan sepakbola, serta komunitas hip hop, otomotif, K-pop, fashion, sampai wellness. Kami sangat percaya dengan kekuatan komunitas dan ingin terus memperluas variasi koleksi kami, tentunya tanpa melupakan cultural roots topi ini yaitu komunitas baseball, makanya kami rayakan dengan menyuguhkan pengalaman batting cage.” ujar Martina Harianda Mutis, Sports Brand Marketing General Manager MAP Active seperti dikutip, Rabu (21/5/2025).