Rahasia bangun bisnis beromzet tinggi 

Dalam waktu yang relatif singkat, Oxide kini telah berhasil meraih omzet hingga Rp800 juta setiap bulannya. Iskandar pun membeberkan tiga kunci utama yang ia terapkan dalam mengembangkan Oxide. Apa saja ya?

1. Utamakan Kepuasan Konsumen 

Menurut Iskandar, bagi Oxide, kepuasan konsumen selalu menjadi nomor satu. Iskandar menjelaskan bahwa Oxide selalu berusaha memastikan proses pengiriman pesanan yang cepat dan menyediakan garansi 100%. Para konsumen Oxide dapat mengajukan klaim 100% refund atau penggantian produk baru jika produk yang dikirim tidak sesuai. 

“Di Oxide, kami punya garansi 100%. Di Shopee juga ada program Garansi Bebas Pengembalian. Menurut saya program Shopee ini semakin melengkapi garansi 100% yang toko kami sediakan. Jadi, konsumen nggak perlu ragu-ragu lagi belanja di Oxide,” ujar Iskandar.

“Satu bulan pertama setelah program Garansi Bebas Pengembalian Shopee diluncurkan, Oxide bahkan mengalami peningkatan penjualan hingga hampir 20%. Dan sebenarnya konsumen juga nggak sesering itu melakukan pengembalian barang, paling cuma ada 1-2 orang dalam dua bulan,” lanjut Iskandar. 

2. Berinvestasi pada Fitur dan Program Promosi E-commerce

Sejak awal membangun Oxide, Iskandar selalu berusaha mengulik fitur dan program promosi yang ada di Shopee. Ia percaya bahwa penggunaan fitur dan program yang tepat sasaran dapat membantunya meningkatkan visibilitas toko dan penjualan produk.

“Fitur utama yang Oxide gunakan adalah Iklan Shopee. Oxide juga rajin ikutan program Shopee, seperti Voucher Toko, dan Gratis Ongkir. Keduanya punya dampak besar banget untuk penjualan Oxide. Para penjual memang harus berani memaksimalkan penggunaan fitur dan program Shopee,” tukas Iskandar.

“Penentuan strategi promosi di Shopee ini sama seperti investasi. Kita harus tahu channel promosi mana yang paling efektif, lalu kita berinvestasi di situ supaya hasil penjualan kita makin maksimal,” tambah pria yang juga pernah bekerja sebagai staf counter supermarket ini. 

3. Adaptif terhadap Perubahan Lanskap Bisnis 

Pelaku usaha juga wajib untuk bersikap adaptif terhadap setiap perubahan lanskap bisnis yang ada. Cari celah peluang yang dapat dimaksimalkan dengan adanya perubahan tersebut. Itulah mengapa riset bisnis dan perilaku konsumen menjadi suatu hal yang esensial dalam perkembangan bisnis Oxide. 

“Di Oxide, kami selalu menerapkan sikap yang adaptif dan rajin melakukan riset pasar. Kami selalu mencoba menangkap peluang di setiap perubahan lanskap bisnis yang ada. Contohnya, kalau ada pembaruan program di platform online maupun ada feedback dari konsumen, kami berusaha menjadikan hal tersebut sebagai dorongan untuk meningkatkan pelayanan Oxide. Intinya akan balik lagi ke konsumen, kami ingin memastikan bahwa konsumen kami merasa puas,” tutup Iskandar. 

Nah, sejalan dengan komitmen kami dalam mendorong roda perekonomian nasional melalui pilar UMKM dan brand lokal, Shopee senantiasa mengembangkan fitur dan program inovatif untuk mendukung pertumbuhan bisnis lokal.

Di tahun 2023 lalu, sebanyak 84% pelaku usaha di Shopee berasal dari UMKM dan brand lokal, dengan 93% total transaksi didominasi oleh produk lokal. Shopee berupaya untuk terus menciptakan ekosistem yang inklusif dan mendukung pertumbuhan serta kesuksesan jangka panjang UMKM dan brand lokal di Indonesia.