Scarf Media kembali menghadirkan event Ramadan yang dikemas ke dalam tema sarat akan makna. Mengusung tajuk Ramadan Nostalgic #localfirst, Scarf Media menghadirkan pengalaman berbelanja sambil nostalgia di salah satu pusat perbelanjaan legendaris di Jakarta, Ratu Plaza Mall, yang akan dilaksanakan pada 13-16 Maret dan 20-23 Maret 2025 mendatang.

Akan ada puluhan brand modest fashion ternama yang dikemas secara tematik dan berpartisipasi dalam event Ramadan Nostalgic kali ini. Sebut saja brand seperti Klamby, Glashka, Zaskia Sungkar, Shy by Shireen Sungkar, Vaia, dan lainnya yang akan menghadirkan koleksi-koleksi terbaik untuk Raya serta penawaran menarik. 

Founder & CEO Scarf Media, Temi Sumarlin mengatakan, Ramadan tahun ini dijadikan sebagai momen untuk mendukung produk-produk lokal. Oleh karena itu, hashtag #localfirst diangkat sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mengutamakan brand lokal.

“Kami menggandeng teman-teman lokal brand dengan dua segmentasi yang berbeda. Ada yang memang kami klasifikasikan sebagai premium brand, disana dari mulai yang memang harganya juga cukup tinggi. Kemudian rising star brand, di mana secara harganya cukup terjangkau, dan mereka punya koleksi-koleksi raya yang juga bagus, sehingga kami fasilitasi,” ujar Temi Sumarlin dalam agenda press conference yang berlangsung di Ratu Plaza Mall, Kamis (13/2/2025).

Baca Juga: Berangkat dari Keresahan, Cerita Melie Indarto Rintis Brand Fashion KaIND dengan Serat Lokal Berkelanjutan

Dalam gelaran Ramadan Nostalgic kali ini, Temi dan tim melakukan kurasi brand yang berpartisipasi, tidak hanya mengundang brand yang sudah dikenal, tetapi juga memberikan kesempatan bagi brand baru. Sekitar 30-40% dari total brand yang berpartisipasi merupakan brand baru, sementara sisanya bisa berasal dari brand yang sudah mapan atau established.

Alasan di balik strategi ini adalah untuk menciptakan variasi dan menarik lebih banyak konsumen. Jika brand yang dihadirkan selalu sama setiap tahun, konsumen bisa kehilangan minat dan memilih acara serupa di tempat lain, terutama karena banyaknya toko fisik dari brand-brand tersebut. Dengan menghadirkan brand baru, acara ini memiliki nilai pembeda dan daya tarik tersendiri yang tidak bisa ditemukan di tempat lain.

Tidak hanya itu, di Ramadan Nostalgic kali ini juga akan menghadirkan instalasi Palestina persembahan Dompet Dhuafa. Akan ada instalasi khusus yang bertemakan "Bangun Kembali Palestina". Instalasi ini dirancang agar para pengunjung dapat merasakan pengalaman seolah-olah berada di sana dan memahami lebih dalam kondisi yang terjadi.

Konsep ini bertujuan untuk menyampaikan pesan kepada masyarakat mengenai pentingnya dukungan terhadap Palestina. Dengan menghadirkan elemen visual dan pengalaman imersif, instalasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran serta empati pengunjung terhadap situasi yang sedang berlangsung.

Baca Juga: Mawar de Jongh: Fashion Itu Bukan Cuma soal Penampilan, tapi Juga Rasa Nyaman dan Percaya Diri

Bersama Scarf Media, Dompet Dhuafa juga akan menghadirkan program pemberdayaan perempuan, yakni Khadijah Learning Center.

“Jadi, di program Khadijah ini, kita akan ada setidaknya dua pelatihan program, yang sasarannya kepada para perempuan. Yang pertama itu, kita akan buat semacam kelas-kelas menjahit, dan dilengkapi dengan pelatihan digital marketing atau kita sebut pelatihan content creator,” papar Adriansyah, perwakilan Dompet Dhuafa. 

Selain itu, ada juga Sustainable Fashion persembahan dari Glashka; promo menarik dari para brand yang turut serta; serangkaian aktivitas yang membawa pengunjung nostalgia ngabuburit di masa lalu; hingga hadir cast dari film Tabayyun seperti Titi Kamal yang akan menyapa penggemarnya.