Betadine sebagai merek antiseptik yang mengandung Povidone-Iodine telah hadir di tengah-tengah keluarga Indonesia sejak 50 tahun lalu, tepatnya di tahun 1975. Memaknai usianya yang menyentuh angka setengah abad, Betadine meluncurkan kampanye bertajuk "Unstoppable Stories" sebagai penghargaan bagi semangat masyarakat yang tak pernah berhenti merawat dan melindungi kesehatan keluarga.

Dalam konferensi pers yang digelar pada Selasa, 19 Agustus 2025, di The Westin, Jakarta, "Unstoppable Stories" mengumpulkan cerita dari para tenaga kesehatan, keluarga, hingga generasi muda tentang perawatan diri yang dimulai dari rumah. Meski sederhana, hal itu dapat berdampak besar bagi kelanjutan hidup dan kesehatan masyarakat.

Baca Juga: Kemeriahan Perayaan 80 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia di Hotel Borobudur Jakarta

"Mamah saya selalu menyiapkan Betadine sebagai langkah antisipasi jika saya terluka. Sejak kecil, saya memang sangat aktif sehingga rentan terluka. Namun, luka bukanlah halangan jika ditangani dengan tepat seperti menggunakan brand antiseptik Povidone-Iodine yang sudah dipercaya turun-temurun. Tidak hanya soal luka, antiseptik ini juga bisa menjadi bagian perawatan diri, terutama bagian kewanitaan, sebagai bentuk cinta terhadap diri sendiri," ujar musisi sekaligus Campaign Ambassador Unstoppable Stories, Yura Yunita.

Merefleksikan kehadirannya selama 50 tahun di Indonesia, Dan Spira selaku CEO iNova Pharmaceuticals yang memproduksi Betadine serta berbagai merek antiseptik Povidone-Iodine lain di berbagai negara, menyampaikan bahwa Indonesia bukan hanya pasar penting, melainkan juga sumber inspirasi.

"Ini adalah negara dengan semangat kolektif yang luar biasa, mulai dari ketangguhan, kepedulian, hingga kekuatan komunitas. iNova Pharmaceuticals berkomitmen menghadirkan produk dengan pendekatan yang berfokus pada kebutuhan masyarakat. Ke depannya, kami berkomitmen untuk terus memberdayakan keluarga juga masyarakat Indonesia dengan menyediakan solusi kesehatan dan kesejahteraan inovatif yang memberikan dampak nyata serta memenuhi kebutuhan masyarakat."

Filomena Maiese, Chief Global Brands & Innovation Officer iNova Pharmaceuticals, menambahkan bahwa kunci keberlanjutan produk antiseptik ini adalah kemampuannya menjawab kebutuhan lokal melalui inovasi. "Melalui pendekatan inovatif yang unik, kami berupaya memahami kebutuhan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat Indonesia secara menyeluruh. Dengan demikian, solusi inovatif yang kami kembangkan akan tetap relevan secara lokal, mendukung pertumbuhan, dan keberlanjutan sistem kesehatan di Indonesia, serta secara lebih luas di Asia Tenggara."

Komitmen ini ditegaskan oleh Benyamin Wuisan, Country Head iNova Pharmaceuticals Indonesia, yang menyatakan bahwa kepercayaan yang telah dibangun selama lima dekade akan menjadi fondasi untuk menghadapi tantangan baru di masa depan.

"Kami terus beradaptasi dengan kebutuhan generasi berikutnya untuk keluarga Indonesia, lebih inklusif, lebih edukatif, dan tetap mudah diakses. Kami yakin dengan produk kesehatan yang tepat, masa depan di bidang kesehatan menjadi era kolaboratif, inovasi yang berkelanjutan, dan dapat meningkatkan kualitas hidup bersama," tegas Benyamin.

Sementara itu, Dr. Gia Pratama, Edukator Kesehatan Profesional, menekankan pentingnya edukasi publik dalam membentuk kebiasaan hidup sehat. "Antiseptik seperti Povidone-Iodine memiliki rekam jejak klinis yang panjang, terbukti efektif melawan berbagai mikroorganisme seperti bakteri, virus, dan jamur. Namun, hal yang lebih krusial adalah bagaimana kita mengedukasi masyarakat untuk memahami cara merawat luka sejak awal, menjaga kebersihan area tubuh yang rentan iritasi, dan mencegah atau mengatasi infeksi ringan agar tidak berkembang. Edukasi seperti ini harus mudah dipahami dan bisa langsung diterapkan dalam kehidupan sehari-hari," jelasnya.

Selama 50 tahun, setelah pertama kali diperkenalkan, antiseptik berbasis Povidone-Iodine terus melangkah ke masa depan bersama iNova Pharmaceuticals, menggabungkan kekuatan inovasi global dan pemahaman lokal. Antiseptik Povidone-iodine berkomitmen terhadap inovasi berkelanjutan yang akan terus menjawab tantangan kesehatan masa depan di Indonesia dan dunia. Fokusnya tetap pada solusi kesehatan yang relevan, inklusif, dan mudah diakses, untuk menjawab kebutuhan kesehatan yang semakin beragam dan kompleks di Indonesia dan global.