BCA atau Bank Central Asia dikenal sebagai salah satu perusahaan swasta terbaik di Indonesia. Salah satu kunci BCA sampai di posisi ini adalah keandalan mereka dalam menjawab atau memenuhi kebutuhan konsumen.

Wakil Presiden Direktur BCA, Hendra Lembong, mengatakan bahwa pembuatan produk, layanan, dan solusi harus benar-benar sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Dia mengingatkan pelaku bisnis untuk tidak memosisikan layanan bisnis dari kacamata pebisnis, tapi dari kacamata konsumen.

Baca Juga: Presdir BCA: Ketekunan adalah Kunci Sukses yang Sering Terlupakan

"Bicara soal customer needs, desain bisnis harus disesuaikan kebutuhan pengguna. Seringnya, saat ingin buat sesuatu, kita lihatnya berdasarkan kacamata kita," ujarnya dalam sebuah kesempatan, dikutip Senin (12/5/2025).

Hendra mengingatkan, perusahaan sering kali menciptakan produk dan layanan yang tak sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk melakukan market research atau FGD sebelum menciptakan sebuah produk atau layanan.

"Sangat penting di-interview yang mau pakai produk kita itu siapa? Pastikan apa kebutuhan mereka. Kalau zaman dulu bilangnya 'jangan sok pinter'. Pokoknya kita stay hungry, stay foolish katanya. Kita tanya terus user itu maunya apa?" pungkasnya.