JNE Gollaborasi 2024 kembali digelar, kali ini bertempat di Pulau Dewata sebagai kota terakhir rangkaian program kolaborasi bersama Shopee tahun ini pada Kamis (7/11/2024).

Kegiatan pelatihan dan diskusi untuk UMKM Bali ini, menghadirkan pakar marketplace, Joko Kurniawan, yang juga merupakan pemilik toko Kampung Souvenir dan Co-Founder brand Kimora, Theja Kustedja, untuk berbagi wawasan tentang pengembangan bisnis secara digital kepada 100 UMKM di kota ini.

Dalam kegiatan berbalut sharing session, Joko Kurniawan yang kerap disapa sebagai Joko, membagikan tips dan trik bagaimana memanfaatkan fitur-fitur pendukung Penjual di marketplace Shopee, untuk meningkatkan penjualan dan bahkan eksposur toko.

Menurut Joko, ada banyak hal yang diperlukan untuk bisa bersaing secara sehat dengan para UMKM di Indonesia, tidak hanya produk jual yang dibuat sedemikian menarik daya beli pelanggan, tetapi juga bagaimana UMKM berinvestasi melalui fitur dan program dalam ekosistem jualan online

Baca Juga: Pesona Batik Indonesia Tembus Pasar Dunia Bersama Teknologi E-commerce, Seperti Apa?

“Sebelum masuk ke strategi dan investasi melalui fitur dan program, yang pertama kita analisis dulu behavior dari Pelanggan terhadap produk kita seperti apa, kenali mereka, apakah mereka menjadi Pelanggan setia karena adanya promo dan diskon yang diberikan, eksposur melalui iklan, atau bahkan tipe Pembeli yang lebih suka melihat ulasan produk secara visual,” jelas Joko.

Di kegiatan ini, Joko juga menekankan bahwa salah satu cara paling efektif untuk menarik perhatian calon pembeli adalah melalui optimalisasi visibilitas.

"Setelah mengenal bagaimana behavior Pembeli, lalu kemudian yang penting untuk teman-teman UMKM lakukan adalah mengatur strategi yang dapat memperluas eksposur dari toko dan produk, disesuaikan dengan hasil analisis behavior sebelumnya, seperti halnya melalui adaptasi dengan konten digital pada toko, bahkan mengoptimalisasi eksposur dan penjualan melalui fitur iklan ya,” tambah Joko.

Lebih lanjut, Joko juga menjelaskan pentingnya memanfaatkan fitur Live Streaming dan Video yang terdapat di marketplace. Joko bilang, pengalamannya menjajaki Shopee Live dan Shopee Video dengan tujuan meningkatkan visibilitas produk di antara ribuan pesaing lainnya. 

“Dari pengalaman saya, mengulas produk melalui live streaming dan video, dampaknya signifikan banget. Karena jaman sekarang, ya, orang (Pembeli) lebih suka untuk lihat langsung secara visual, dengerin dan nonton, dari pada cuma sekadar baca. Bayangin aja, 1 malam kita bisa dapetin peningkatan transaksi cuma dari live streaming di Shopee Live. Itu makanya saya bilang penting,” jelas Joko.

Baca Juga: Cerita Brand Skincare Populerkan Produk Vegan Via E-Commerce