“Jadi kalau Anda mau, ini bisa dengan cara lain. Karena untuk menegur karyawan ada banyak cara, bukan dengan cara marah,” tutur Nanda Widya.

Nanda Widya juga mengingatkan, seorang pemimpin haruslah tetap rendah hati. Menurut dia, sebesar apapun kekuasaan yang dimiliki, kesombongan tidak ada gunanya. Sikap rendah hati lah yang menjadi cikal bakal seorang pemimpin unggul.

“Rendah hati itu adalah cikal bakal pemimpin yang unggul. Anda tidak perlu sombong, karena sombong itu relatif, kalau Anda tiba-tiba Anda dipecat jadi direktur, sudah tidak bisa sombong lagi,” ungkap Nanda Widya.

“Jadi, sebelum Anda dipecat karena kesombongan itu lebih baik Anda nggak perlu sombong, (tetap) rendah hati,” lanjutnya.

Selain rendah hati, kata Nanda Widya, hal penting lainnya yang perlu dijaga oleh seorang pemimpin adalah komunikasi. 

Menurutnya, komunikasi menjadi kunci penting antara pemimpin dan bawahannya. Ini bukan hanya tentang menyampaikan pesan dengan jelas, tetapi juga tentang mendengarkan dan memahami perspektif karyawan.

“Kalau pemimpin bisa berkomunikasi dengan baik itu, saya kira hampir semua orang akan apresiasi kepada kita,” tandas Nanda Widya.

Baca Juga: Langkah Penting Pemimpin dalam Menghadapi Krisis Menurut Nanda Widya