Theodore Permadi Rachmat atau yang karib disapa TP Rachmat merupakan pebisnis ulung yang sukses ikut membesarkan PT Astra International Tbk. Pernah menjabat sebagai CEO Grup Astra, TP Rachmat juga sukses dengan usaha yang dirintisnya sejak 1998 silam, Triputra Group.
Puluhan tahun berkecimpung dalam dunia bisnis, TP Rachmat memiliki kiat-kiat untuk menjadi seorang pebisnis sukses. Ada empat pilar bisnis menurut pria kelahiran 15 Desember 1943 ini yang menjadi kunci kesuksesan dalam berbisnis.
Pertama, memilih bisnis yang benar dan tepat. TP Rachmat beranggapan, ada dua hal yang perlu diperhatikan dalam mencari bisnis yang benar. Dalam hal ini, Rachmat menganalogikannya seperti memancing ikan dan bermain layang-layang.
Baca Juga: Mengenal Sosok TP Rachmat, Founder Triputra Investindo Arya
“Kalau kita cari ikan, jangan cari ikan di kolam yang kecil, mesti ke laut supaya dapat ikan yang besar. Kalau main layangan, jangan naikin di angin yang sepoi-sepoi, nggak naik-naik. Itu satu. Nomor dua adalah harus ada keunikan. What makes your Business so special. Tanpa keunikan, kita nggak bisa compete,” ujar TP Rachmat seperti dikutip Olenka, Kamis (18/7/2024).
Pilar kedua, menurut TP Rachmat adalah mencari orang (re: karyawan) yang bagus. Mulai dari karakter yang bagus, memiliki daya juang yang kuat, dan pintar.
“Kalau saya memilih orang dari interview, nggak bisa sebagai tambahan. Kamu harus cek latar belakangnya. Kalau dia karyawan berpengalaman, cek masa lalunya kayak apa. Jadi, nggak bisa dari interview saja. Jadi harus melihat track record-nya,” tutur TP Rachmat.
Pilar selanjutnya adalah tentang urutan kerja yang harus rapi. Menurutnya, sebagian orang kerap lupa dalam menjalankan bisnis urutannya itu gak boleh berantakan. Menurutnya, hal tersebut harus diterapkan oleh setiap perusahaan jika ingin sukses.
Baca Juga: Sikap Tegas Ignasius Jonan Berantas Calo di Stasiun Kereta Api
Ia mengibaratkan saat diberi kesempatan belajar di Toyota. Dari sekian banyak sekrup yang ada, semuanya harus menjadi satu kesatuan, tidak boleh ada yang hilang.
"Bayangkan, berapa puluh ribu sekrup bikin mobil, kalau satu sekrup saja nggak ada, nggak jalan mobilnya. Nah, proses ini yang harus dimiliki oleh semua perusahaan sebetulnya,” imbuhnya.
Dan pilar terakhir adalah value atau nilai. Setiap perusahaan harus memiliki nilai yang baik untuk menjadi unggul. TP Rachmat menekankan betapa pentingnya memiliki reputasi baik dalam berbisnis guna mendatangkan kesuksesan.