Berbeda dengan Program Ekspor Reguler, Shopee FLEXI menawarkan fleksibilitas tambahan bagi penjual, mulai dari akses sub akun toko luar negeri di Seller Center Indonesia untuk memudahkan pengelolaan lintas negara, kebebasan penuh dalam menentukan harga dan margin sehingga strategi harga dapat lebih adaptif sesuai pasar tujuan, hingga pemanfaatan berbagai fitur promosi Shopee di negara tujuan seperti Live Shopping, Affiliate Marketing Solution (AMS), dan Shop Decoration untuk menarik pembeli luar negeri.
Penjual juga memiliki kebebasan mengatur promosi, iklan, dan kampanye sesuai target pasar dan strategi bisnis masing-masing, sementara operasional toko tetap dikelola oleh Penjual dengan dukungan Shopee di sisi logistik dan layanan pelanggan.
Untuk tahap pertama, FLEXI tersedia bagi tujuan ekspor ke Malaysia dan akan diperluas ke negara lain dalam waktu dekat, dengan informasi dan pendaftaran dapat diakses melalui Program Ekspor Shopee.
Batik Indonesia Laris Manis di Pasar Global
Produk fesyen, termasuk batik, mendominasi kategori ekspor di Shopee. Salah satunya adalah Dama Kara, merek batik milik Nurdini Prihastiti yang dirintis bersama suaminya saat pandemi 2020. Melalui Shopee, Dama Kara telah menembus pasar ekspor dan kini turut bergabung dalam FLEXI.
“Sebagai pelaku UMKM yang sudah merasakan manfaat Program Ekspor Shopee selama beberapa tahun, kami optimis dengan FLEXI. Alhamdulillah, toko Dama Kara sudah live di FLEXI dan sudah ada produk yang terjual. Harapannya, penjualan kami dan UMKM lain bisa tumbuh positif,” ujar Nurdini dalam sesi talk show peluncuran.
Dukungan Ekosistem Logistik Nasional
Di kesempatan yang sama, Direktur Utama Injourney Aviation Services, Wendo Asrul Rose, juga menyambut baik peluncuran ini sebagai langkah inklusif memperkuat ekosistem logistik ekspor nasional.
“Inisiatif Ekspor FLEXI memungkinkan pelaku usaha mengatur ekspor dari mana saja di Indonesia. Kami siap membantu UMKM memperluas pasar secara efisien dan tepat waktu agar semakin berdaya saing secara global,” jelas Wendo.
Dengan adanya Program Ekspor Shopee FLEXI, Shopee dan Kementerian Perdagangan RI berharap semakin banyak UMKM Indonesia dapat mendunia dan berkontribusi terhadap pertumbuhan ekspor nasional.
Baca Juga: Shopee Kucurkan Insentif Senilai Rp2 Juta untuk UMKM Memulai Bisnis Online