Perjalanan Maicih: Kenalkan Cemilan Khas Sunda Lewat Rasa yang Lebih Personal
Di era digital yang terus berkembang, kolaborasi teknologi telah menjadi pilar utama dalam memperkuat potensi bisnis, terutama produk-produk lokal. Sebagai salah satu brand lokal keripik singkong pedas yang sempat viral, Maicih, membuktikan bahwa camilan khas Sunda juga bisa meraih popularitas dan bertahan mengikuti perkembangan lewat bantuan teknologi, seperti Shopee.
Perjalanan Maicih dimulai pada tahun 2010 sebagai usaha rumahan dengan konsep unik, lewat cita rasa pedas sesuai selera dari level 1 hingga level 10. Seiring berjalannya waktu, Maicih memperluas variasi produknya seperti seblak, basreng, dan gurilem, dan juga memanfaatkan fitur interaktif Shopee Live dan Shopee Video untuk memperkenalkan produknya.
Fokus dan menjadi strategi, fitur ini membawa Maicih pada lonjakan produk terjual lebih dari 54 kali lipat saat sesi live streaming di awal tahun 2024. Bahkan, Shopee Live juga berkontribusi lebih dari 32% dari total penjualan Maicih selama setahun terakhir.
Melalui konten yang menarik dan riset tren, Maicih tidak sekadar menjual produk, tetapi juga berbagi cerita, menampilkan proses pembuatan camilan, dan menjawab pertanyaan langsung dari para penonton yang sukses menjadikan Maicih semakin dekat dengan konsumennya.
“Tentunya kami merasa senang, pada tahun dimana orang-orang sudah bergeser berbelanja online, Maicih menemukan Shopee sebagai marketplace untuk kami berkembang. Tidak hanya membantu menjangkau pelanggan baru secara luas, tetapi juga memberikan platform yang ideal untuk berbagi cerita dan nilai-nilai produk kami,” ungkap Reza Nurhilman, Owner Maicih.
“Beragam promosi dan partisipasi aktif di berbagai rangkaian kampanye besar seperti 9.9, 10.10, hingga Shopee Pilih Lokal juga telah mendorong peningkatan bisnis Maicih. Dengan mengedepankan cita rasa pedas khas Nusantara, semua bahan baku, mulai dari singkong hingga rempah-rempah, diambil langsung dari petani Indonesia yang terpercaya, hal ini pun juga menjadi langkah Maicih demi mendukung mendukung ekonomi lokal sekitar,” sambung Reza.
Baca Juga: Kiat-kiat Jitu Agar UMKM Naik Kelas dan Berdaya di Era Digital