Growthmates, saat ini, dunia fashion lokal di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat yang signifikan. Hal ini terlihat dari hadirnya brand-brand lokal, yang tidak hanya menawarkan produk tetapi juga berani mengambil langkah untuk menciptakan produk inovatif dengan kualitas terbaik.

Tren fashion yang terus berputar, menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha lokal untuk berkreasi dan bergerak bersama konsumen. Begitu pula yang dirasakan oleh Khairul Gani, atau dikenal dengan panggilan Gani, pemilik brand fashion lokal Gonegani yang berfokus pada knitwear berkualitas tinggi dengan desain modern dan nyaman.

Berawal dari sebuah kos-kos an, Gani pun memutuskan untuk meluncurkan brand nya sendiri dengan nama Gonegani. Saat ini, Gonegani telah banyak dikenal oleh masyarakat luas dan telah berhasil memperkuat potensinya dengan strateginya dalam memanfaatkan kemajuan teknologi. 

Khairul Gani, Pendiri dan CEO Gonegani menyampaikan, sejak awal hadir di tengah masyarakat, dirinya berfokus untuk menciptakan produk fashion yang stylish, nyaman, dan pastinya berkualitas tinggi di Gonegani. Ketika Gonegani memutuskan masuk ke pasar online pada 2021, ia pun mencoba memetakan strategi dan inovasi apa saja yang bisa dimanfaatkan untuk mendorong penjualan secara online ini.

“Saat bergabung dengan Shopee, kami sudah melihat bahwa adanya potensi yang dapat kami optimalkan melalui fitur-fitur yang ditawarkan oleh Shopee. Mulai dari mengikuti kampanye angka kembar hingga mengoptimalkan fitur-fitur interaktif seperti Shopee Live & Video, untuk bergerak bersama dengan perilaku belanja konsumen yang perlahan berubah. Dampak positif yang terlihat sejak kami mulai aktif melakukan live streaming di Shopee Live, dimana terdapat peningkatan pesanan lebih dari 70 kali lipat dibandingkan dengan tahun lalu,” tutur Gani.

Baca Juga: Begini Konsistensi Shopee Dongkrak Bisnis UMKM dan Brand Lokal

Gonegani Siap Tumbuh Lebih Pesat di Era Digital yang Semakin Berkembang

Banyaknya keberhasilan yang sudah Gonegani capai menjadi motivasi untuk terus berinovasi dan memanfaatkan setiap peluang yang ditawarkan oleh teknologi digital. Riset pasar merupakan kunci utama yang selalu dilakukan oleh Gonegani untuk membangun dan menjaga keberlangsungan bisnis.

Mulai dari mempelajari tren-tren fashion yang tidak hanya digemari tapi juga dibutuhkan oleh pasar Indonesia, hingga bergerak dengan perkembangan perilaku belanja dimana masyarakat cenderung memilih cara berbelanja yang mudah dan dapat langsung bertanya melalui live streaming.  

"Saya yakin interaksi langsung dengan konsumen adalah kunci keberhasilan di era digital. Melalui Shopee Live dan Shopee Video, kami bisa mendengar feedback konsumen dan terus berinovasi. Konsumen lebih mudah melihat kualitas produk, bertanya soal padu padan, hingga menikmati penawaran voucher. Rutin menjalankan Shopee Live membantu kami menjangkau lebih banyak konsumen, berjualan real-time, dan membangun kepercayaan. Pesanan melalui Shopee Live kini bahkan berkontribusi hingga 50% bagi kami,” lanjut Gani.

Baca Juga: Kisah Inspiratif Ibu Rumah Tangga yang Banting Setir dan Sukses Jadi Kreator Fashion, Seperti Apa?