Selama festival belanja Lazada 12.12 Promo Habis-Habisan, LazMall–kanal Lazada untuk toko resmi dan terverifikasi–mencatat lonjakan penjualan sekitar 600% dibandingkan hari biasa. Tren ini terutama didorong oleh keluarga muda yang semakin memanfaatkan belanja online untuk meningkatkan kualitas hidup, baik melalui pembelian kebutuhan rumah tangga maupun produk penunjang gaya hidup dan pengembangan diri.
CEO Lazada Indonesia, Carlos Barrera, mengatakan bahwa pola belanja masyarakat selama periode 12.12 menunjukkan pergeseran yang semakin jelas ke arah produk berkualitas dan tahan lama yang mendukung kebutuhan sehari-hari dalam jangka panjang.
Baca Juga: Lazada Fasilitasi Promo Habis-Habisan untuk Kemudahan Finansial di Momen 12.12
"Kondisi ekonomi saat ini mendorong konsumen untuk lebih berfokus pada kualitas dan ketahanan produk. Konsumen, terlebih keluarga muda, memanfaatkan momen akhir tahun untuk berinvestasi pada barang-barang yang meningkatkan kenyamanan hidup, baik rumah tangga maupun personal, kini dan nanti. Dengan demikian, mereka memastikan bahwa mereka mengoptimalkan setiap rupiah yang mereka belanjakan," ujar Carlos, dikutip Jumat (19/12/2025).
Commercial Director Lazada Indonesia, Erika Agustine kemudian menjelaskan bahwa pelanggan semakin memanfaatkan promo 12.12 untuk membeli produk yang dapat digunakan dalam jangka panjang. "Kami melihat pelanggan membeli produk-produk yang benar-benar fungsional dan tahan lama, mulai dari elektronik rumah tangga seperti televisi dan peralatan dapur premium seperti panci non-stick, hingga perkakas untuk kebutuhan do-it-yourself (DIY). Bahkan di kategori fesyen, pelanggan cenderung memilih produk yang tidak lekang waktu dan mendukung aktivitas harian, seperti sepatu lari dan celana jeans,” jelas Erika.
Kategori kecantikan dan kebutuhan rumah tangga mencatat pertumbuhan tertinggi, meningkat sekitar 710%, didorong oleh tingginya permintaan terhadap produk esensial. Kategori fesyen tumbuh sekitar 610%, mencerminkan minat konsumen terhadap produk fesyen yang fungsional dengan gaya yang relevan untuk keseharian. Sementara itu, kategori perlengkapan rumah dan hobi tumbuh sekitar 540%, didorong oleh keluarga muda dan pembeli rumah pertama yang semakin aktif mengadopsi gaya hidup DIY.
Sebagai demografi yang aktif dan mobilitas tinggi, mereka juga membeli kendaraan dan aksesori otomotif dari toko resmi seperti Honda Cengkareng dan Dracco untuk mendukung mobilitas yang lebih aman dan nyaman. Peningkatan juga terjadi di kategori elektronik yang mencatat pertumbuhan sekitar 230%.
"Dengan keluarga muda dan pembelanja aspiratif sebagai penggerak utama eCommerce Indonesia, Lazada berkomitmen untuk terus menghadirkan program belanja yang mendukung peningkatan kualitas hidup secara berkelanjutan. Hal ini kami wujudkan melalui pilihan produk yang relevan, berkualitas, dan tepercaya di LazMall,” tutup Erika.