Hankook Tire & Technology (Hankook Tire) mencatat penjualan sebesar KRW2.317,8 miliar dan laba operasional KRW420 miliar untuk kuartal kedua tahun 2024, berdasarkan hasil keuangan konsolidasi global. Penjualan perusahaan meningkat 2,4% dibandingkan tahun sebelumnya (yoy), sedangkan laba operasional meningkat 69,2% yoy.

Pencapaian ini berkat berbagai inisiatif yang berlandaskan strategi merek premium, seperti penelitian dan pengembangan (R&D) yang proaktif; kepemimpinan di pasar ban khusus kendaraan listrik (EV); kemitraan kuat dengan produsen otomotif berkinerja tinggi; penerapan strategi penjualan yang disesuaikan untuk setiap wilayah; memperluas saluran penjualan; dan meningkatkan infrastruktur distribusi.

Baca Juga: Kinerja IFG Life Melonjak 334% Selama Semester I/2024

"Hankook Tire berhasil mengembangkan teknologi ban kelas atas yang memenuhi standar performa dan kualitas tinggi yang dibutuhkan oleh merek otomotif premium. Perusahaan ini terus memperluas kemitraannya sebagai pemasok original equipment (OE) dengan bekerja sama dengan merek terkenal seperti Porsche, Mercedes-Benz, BMW, dan Audi, termasuk divisi performa tinggi seperti Mercedes-AMG, BMW M, dan Audi RS," terang Ketua Hankook & Company Group, Hyunbum Cho, dikutip Jumat (16/8/2024).

Dia melanjutkan, Hankook juga memasok ban untuk produsen kendaraan listrik terkemuka Tesla dan BYD. Saat ini, Hankook menyediakan ban OE untuk sekitar 280 model dari hampir 50 produsen otomotif global.

Pada kuartal kedua, ban high-inch dengan ukuran minimal 18 inci menyumbang 46,3% dari seluruh penjualan ban untuk mobil penumpang dan truk ringan (PCLT), meningkat sebesar 2,8% dibandingkan tahun sebelumnya (yoy). Ban penumpang high-inch menyumbang 63% dari total penjualan di pasar China yang merupakan proporsi tertinggi di antara semua wilayah, diikuti oleh Korea Selatan sebesar 55,3%, Amerika Utara sebesar 54,6%, dan Eropa sebesar 37,8%.

Dalam segmen ban khusus EV yang diluncurkan pada tahun 2022 di bawah merek iON, Hankook telah mendiversifikasi portofolio merek tersebut hingga mencakup 236 spesifikasi dengan ukuran mulai dari 16 inci hingga 22 inci. Hankook juga memperluas pasokan ban OE untuk model EV termasuk Porsche Taycan, Audi e-tron GT dan Q4 e-tron, BMW i4, Volkswagen ID.4, Hyundai Ioniq 6, Kia EV3 dan EV9, Tesla Model Y dan Model 3, serta BYD Song Max dan Yuan.

Perusahaan juga memperkuat kegiatan pemasaran domestik dan globalnya untuk meningkatkan posisinya sebagai merek premium. Hankook Tire adalah pemasok eksklusif dan mitra resmi dari ABB FIA Formula E World Championship, kompetisi balap EV terkemuka dunia, serta seri balap Lamborghini Super Trofeo yang diselenggarakan oleh Automobili Lamborghini S.p.A., merek supercar asal Italia. Selain itu, Hankook memiliki kemitraan dengan berbagai organisasi olahraga terkenal di dunia, termasuk UEFA Europa League yang melibatkan klub sepak bola profesional terbaik di Eropa, serta klub sepak bola bergengsi asal Jerman, Borussia Dortmund.