Perusahaan ban global, Hankook Tire & Technology (Hankook Tire), mencatat penjualan sebesar KRW4,9636 triliun dan laba operasional sebesar KRW 354,6 miliar untuk kuartal pertama tahun 2025. Pada kuartal ini, laporan keuangan untuk pertama kalinya mencakup kinerja Hanon Systems, penyedia global solusi manajemen energi termal untuk kendaraan bermotor setelah diakuisisi oleh Hankook Tire pada Januari 2025. Dengan demikian, laporan keuangan kuartal I Hankook Tire kini mencakup segmen bisnis ban dan manajemen termal.

Pada sektor bisnis ban, penjualan meningkat 10,3% dibandingkan tahun sebelumnya menjadi KRW2.3464 triliun, sedangkan laba penjualan turun 16,3% menjadi KRW333,6 miliar. Meskipun Hankook terus berinvestasi pada R&D untuk mobilitas masa depan di tengah ketidakpastian ekonomi global, kenaikan biaya—terutama bahan baku dan tarif pengiriman laut—memberi dampak negatif terhadap profit. Pada segmen manajemen termal, Hanon Systems mencatat penjualan sebesar KRW2,6173 triliun dan laba operasional sebesar KRW20,9 miliar.

Baca Juga: Hankook Tire Tunjuk Dua Co-CEO Baru: Jongseon Ahn dan Sanghoon Lee

"Pangsa ban mobil penumpang berukuran 18 inci ke atas terhadap total penjualan ban mobil penumpang dan truk bermuatan ringan mencapai 47,1%, naik 0,3% dibandingkan tahun sebelumnya. Secara regional, Tiongkok mencatat pangsa pasar tertinggi sebesar 64,7%, diikuti oleh Korea (58,5%), Amerika Utara (57,1%), dan Eropa (39,1%), mencerminkan pertumbuhan yang stabil di pasar global," sebagaimana dikutip dari keterangan tertulis Hankook Tire yang diterima di Jakarta, Kamis (22/5/2025).

Sementara itu, pada segmen ban original equipment (OE) untuk mobil penumpang dan truk bermuatan ringan, produk khusus kendaraan listrik (EV) menyumbang 23% dari total penjualan, naik 6% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Pertumbuhan pendapatan didorong oleh peningkatan penjualan produk bernilai tambah tinggi, yang ditopang oleh ekspansi pasokan ban OE ke produsen mobil premium global serta meningkatnya permintaan ban khusus kendaraan listrik seiring dengan siklus penggantian kendaraan listrik.

Sebagai pencapaian penting dalam kemitraan OE globalnya, Hankook Tire mulai memasok ban SUV ultra-high-performance, Ventus evo SUV, sebagai perlengkapan OE untuk Volkswagen Tiguan generasi ketiga. Kemitraan ini memperkuat hubungan Hankook dengan sekitar 50 merek otomotif premium global pada lebih dari 280 model kendaraan, termasuk Mercedes-AMG GT Coupe dan BMW M5.

Selain itu, Hankook Tire juga merupakan pemasok OE utama untuk merek-merek kendaraan listrik besar, termasuk Porsche, Audi, BMW, Hyundai, Kia, Tesla, BYD, dan Lucid. Sejak meluncurkan iON pada 2022—merek ban pertama di dunia dengan rangkaian lengkap yang didedikasikan untuk kendaraan listrik—perusahaan telah mendiversifikasi portofolionya dengan lebih dari 300 spesifikasi, mulai dari ukuran 16 hingga 22 inci, mencakup sebagian besar segmen kendaraan listrik.

Hankook Tire juga terus meningkatkan citra premium dari merek global terpadu "Hankook" dan memajukan teknologi ban ultra-high-performance melalui partisipasi aktif dalam motorsport. Perusahaan ini memasok ban balap dan mendukung tim dalam sekitar 70 acara motorsport global, termasuk FIA World Rally Championship, FIA Formula E World Championship, dan Lamborghini Super Trofeo.