Perusahaan ban global Hankook Tire & Technology (Hankook Tire) mencatatkan pendapatan sebesar KRW 5,3696 triliun dan laba operasional sebesar KRW 353,6 miliar untuk kuartal kedua tahun 2025. Sejak kuartal pertama tahun 2025, Hankook Tire telah memasukkan kinerja Hanon Systems dalam laporan keuangan gabungan setelah akuisisi. Selain itu, pada kuartal kedua dan seterusnya, beban penyusutan dan amortisasi terkait Purchase Price Allocation (PPA) juga telah dicatat.
Di sektor penjualan ban, Hankook Tire mencatatkan peningkat 8,4% year-on-year menjadi KRW 2,5114 triliun, didorong oleh tingginya permintaan ban pengganti (replacement tire) dan ban original equipment (OE) di pasar global, serta peningkatan produk bernilai tambah tinggi. Namun, laba usaha turun 17,5% menjadi KRW 346,4 miliar akibat kenaikan biaya bahan baku, meningkatnya biaya logistik, dan tarif suku cadang otomotif di Amerika Serikat.
Baca Juga: Bank Sampoerna Cetak Laba Bersih sebesar Rp11,2 Miliar Selama Semester I/2025
Pada segmen manajemen termal, Hanon Systems membukukan pendapatan sebesar KRW 2,8581 triliun, naik 11,7% year-on-year. Laba operasional tercatat KRW 64,3 miliar, turun 10,2% dibanding periode yang sama tahun lalu, tetapi naik 205,1% secara kuartalan berkat peningkatan efisiensi operasional dan inisiatif strategis yang terus berjalan.
Pada semester pertama 2025, ban berukuran 18 inci ke atas menyumbang 47,2% dari total penjualan ban mobil penumpang dan truk ringan (PCLT), naik 0,6 poin persentase dibanding tahun sebelumnya. Di segmen ban original equipment (OE) untuk PCLT, ban kendaraan listrik (EV) berkontribusi 24% terhadap penjualan, meningkat 7 poin persentase year-on-year, sekaligus memperkuat posisi kompetitif Hankook Tire di pasar kendaraan listrik yang terus berkembang.
Pada kuartal kedua, Hankook Tire terus memperluas portofolio merek OE premium dengan memasok ban untuk SUV listrik Lucid Gravity, sedan listrik pertama Kia yaitu EV4, serta truk pikap perdananya, Tasman. Saat ini, Hankook Tire memasok sekitar 50 merek otomotif global dengan lebih dari 280 model kendaraan, seperti Porsche, Mercedes-Benz, dan BMW, yang semakin menegaskan posisinya sebagai pemimpin ban berteknologi tinggi.
Ban khusus mobil listrik Hankook Tire, iON adalah ban khusus EV pertama di dunia yang mendapatkan peringkat No. 1 dalam tes komparasi yang dilakukan oleh majalah otomotif Jerman, Auto Bild, yang menegaskan posisi Hankook Tire sebagai pemimpin inovasi ban EV.
Hankook Tire terus memperkuat performanya untuk ultra-high-performance (UHP) dengan memaksimalkan hasil dan partisipasinya di lebih dari 70 ajang motorsport global, seperti FIA World Rally Championship (WRC), ABB FIA Formula E World Championship, dan Lamborghini Super Trofeo, di mana Hankook Tire menjadi pemasok ban resmi sekaligus sponsor tim.