Konsep Mukbang Bersama Bent
Melalui akun YouTubenya, Bang Bent banyak menyajikan beragam konten dengan tema yang kreatif, mulai dari konten mukbang makanan sesuai emoji, makanan satu warna, hingga vlog bermain di taman permainan.
Konten-konten yang ia hadirkan juga lebih dari sekedar memberikan review tentang makanan atau tempat, tetapi juga untuk menghibur dan memberikan selipan edukasi kepada para penontonnya. Ia merasa bersyukur karena banyak mendapatkan feedback positif dari para penonton, terutama para orang tua.
Mereka mengungkapkan bahwa setelah menonton video Mukbang Bersama Bent, anak-anak mereka makan dengan lebih lahap dan dengan cara yang lebih sehat, seperti mengunyah dengan baik dan tidak terburu-buru.
“Rasanya sangat senang dan bangga bisa melihat bahwa video yang aku buat tidak hanya menghibur, tapi juga bisa membawa pengaruh dalam kehidupan para penonton. Dengan konsep video yang identik, aku sadar kalau penonton ku berasal dari berbagai kalangan, mulai dari anak kecil sampai orang tua,” terang Bang Bent.
“Tidak hanya itu, dengan hadirnya YouTube Shopping Affiliates, aku pun bisa membantu para orangtua atau penonton yang ingin menikmati makanan atau minuman yang sama seperti yang ku konsumsi. Hanya tinggal klik link produk yang ada di video, dan langsung bisa membeli produknya di Shopee. Aku juga terus bisa mengembangkan diri sebagai konten kreator sambil mendapatkan penghasilan tambahan yang luar biasa. Ini benar-benar pengalaman yang nggak terbayangkan sebelumnya,” tambah Bang Bent.
Melihat dampak positif tersebut, Bang Bent berharap semakin banyak individu yang dapat mengikuti jejaknya dalam memanfaatkan kesempatan luar biasa yang ditawarkan oleh YouTube Shopping Affiliates.
Maka dari itu, ia menyampaikan empat konsep konten mukbang yang bisa menjadi inspirasi tidak hanya bagi penonton, tetapi juga bagi sesama konten kreator, antara lain:
1. Konten Makanan Satu Warna
Salah satu konsep yang diusung oleh Bang Bent konten mukbang dimana ia menyantap tema makanan yang seluruhnya berwarna serupa, seperti semua makanan berwarna merah, hijau, atau biru.
“Melalui konsep ini, aku tidak hanya ingin menunjukkan sisi visual yang menarik dari sebuah santapan, tetapi juga memberikan kesempatan untuk berbagi informasi menarik tentang warna dan jenis makanan yang dinikmati. Sehingga para penonton bisa belajar sambil menikmati sajian yang berbeda dari mukbang pada umumnya, dan ini juga menjadi cara yang menyenangkan untuk mengenalkan lebih banyak jenis makanan yang mungkin mereka belum tahu sebelumnya,” tambah Bang Bent.
2. Konten Tematik Sesuai Tren
Bang Bent juga menyarankan untuk mengikuti tren populer dalam membuat konten mukbang, seperti tema dari film yang sedang hits atau momen hari raya Natal dan tahun baru yang sedang dirayakan.
Dengan menyajikan makanan yang sedang viral atau populer di kalangan masyarakat, konten tersebut tidak hanya akan menarik minat penonton, tetapi juga memberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan audiens melalui topik yang sedang hangat dibicarakan. B
ang Bent memberikan contoh konten yang pernah ia lakukan sebelumnya yang diminati banyak penonton, “Contohnya, aku pernah buat konten mukbang permen Dalgona ala film Squid Game, yang menjadi tren setelah muncul di serial tersebut, seperti yang ada di video aku ini. Setelah aku review dan sematkan link produk dari Shopee, ternyata banyak yang tertarik dan ikut beli.”
3. Konten Makanan Aneka Emoji
Konsep selanjutnya yang sering Bang Bent buat adalah menyantap makanan atau minuman sesuai emoji yang muncul, dimana ia menggabungkan tema makanan dengan emoji-emoji lucu atau ikonik.
Misalnya, menyajikan makanan yang cocok dengan emoji tertentu atau membuat konten yang diiringi dengan tantangan emoji, contohnya seperti permen panjang berukuran 1 meter seperti di video ini. Konsep ini tidak hanya menghibur, tetapi juga memberikan pengalaman visual yang menyenangkan bagi penonton, terutama bagi mereka yang suka berinteraksi dengan simbol-simbol digital.
4. Konten Makanan Khas Indonesia
Konsep selanjutnya yang Bang Bent buat adalah menyantap camilan-camilan jadul khas Indonesia yang legendaris, seperti cokelat payung, harum manis, permen stick, cokelat cup, hingga produk makanan dari penjual UMKM lokal, seperti baso aci instant.
“Buat aku, setiap camilan ini membawa kita kembali ke masa kecil, dengan kenangan manis dari rasa dan bentuknya yang ikonik. Konsep video seperti ini tidak hanya membawa nostalgia, tetapi juga mengajak para penonton yang ingin mengenang camilan-camilan zaman dulu. Selain itu, banyak orang yang menikmati konten seperti ini karena merasa dekat dengan budaya dan tradisi makanan Indonesia yang sudah lama ada,” tutup Bang Bent.
Baca Juga: Kisah Sukses Ibu Rumah Tangga Raup Pendapatan 2 Kali Lipat Berkat YouTube Shopping Affiliate