Ada banyak keuntungan saat menjadi karyawan unggulan dalam sebuah perusahaan. Selain pengakuan dari atasan, karyawan dengan kinerja mumpuni biasanya akan mendapat banyak reward. Mulai dari kenaikan gaji, bonus tahunan, hingga kesempatan mendapatkan promosi jabatan.
Menukil dari laman CNBC Make It, seorang pakar karier berpengalaman sekaligus pendiri SelfBrand bernama Catherine Kaputa, mengungkap tipe-tipe karyawan yang dinilai langka lantaran memiliki kinerja yang lebih unggul dibandingkan lainnya. Berikut delapan di antaranya.
1. Sang Inovator
Tipe karyawan seperti ini melihat peluang unik untuk inovasi selama masa krisis atau perubahan. Semakin rumit suatu masalah, semakin bersemangat mereka menyelesaikan pekerjaan.
Kamu dengan tipe seperti ini akan bertanya, “Bagaimana jika kita mencoba melakukan ini dengan cara lain?” Kamu dapat bersikap impulsif dan sering berubah pikiran, yang justru akan meningkatkan kreativitas.
Semua orang berbicara tentang berpikir di luar kotak, tetapi para inovator benar-benar melakukannya. Mereka sering kali menyimpang dari norma dalam pemikiran mereka, dan mereka tidak terhambat oleh apa yang dipikirkan orang lain.
Baca Juga: Lebih dari 45 Persen Karyawan Mengalami Gangguan Kecemasan Setiap Minggu Malam, Kenapa Ya?
2. Pemimpin
Selanjutnya adalah karyawan dengan tipe pemimpin, di mana mereka memiliki apa yang diperlukan untuk memotivasi dan memimpin orang untuk mencapai dan bahkan melampaui tujuan mereka.
Memecahkan masalah dan mengawasi rencana rumit sudah ada dalam DNA-mu. Kamu selalu memiliki misi yang jelas yang menyatukan tim di sekitar tujuan bersama. Orang-orang melihat kamu sebagai seorang pemikir yang berpandangan jauh ke depan dan mereka menanggapi ajakan kamu untuk bertindak.
“Di dunia yang diliputi konflik, pemimpin menjadi semakin penting. Kita mengagumi mereka bukan hanya karena prestasi dan gelar mereka, tetapi juga karena kemampuan mereka untuk menginspirasi kita menghadapi tantangan besar dan mencapai hal-hal hebat,” kata Catherine.
3. Sang Pemberontak
Kamu dengan tipe ini cukup percaya diri untuk menghindari mengikuti jalur yang ditetapkan. Sudut pandang luar dan kemandirian membuat kamu menjadi pemikir yang mandiri. Kamu bisa bersikap agresif, egosentris, dan tidak menyenangkan, tetapi juga ekstrovert, lincah, dan spontan.
Tipe seperti ini tahu cara memberi energi pada pesan kamu dengan cerita-cerita yang tidak biasa untuk memikat audiens.
“Para penganut paham Mavericks membuat para birokrat gelisah karena filosofi mereka.Jika tidak rusak, hancurkan saja. Mereka dikenal memiliki sudut pandang yang berbeda, tetapi mereka selalu memiliki kelompok pendukung yang loyal,” tutur Catherine.
4. Insinyur
Karyawan dengan tipe ini suka mengutak-atik objek, ide, atau proses untuk melihat apakah kamu dapat membuatnya lebih baik. Jika sesuatu tidak memenuhi harapan, kamu tidak hanya mengkritik orang lain tetapi juga dirimu sendiri.
Kamu cenderung tertutup dan lebih suka menyendiri daripada suka berpesta. Orang-orang melihat kamu sebagai orang yang berorientasi pada detail namun kreatif.
Mungkin tidak ada kepribadian pekerja lain yang semetodis dan berorientasi pada proses seperti insinyur. Insinyur menggunakan proses konsisten yang mereka terapkan, yang mencakup fase, langkah, dan prosedur untuk memecahkan masalah.
Baca Juga: Deretan Pengusaha Indonesia Berlatar Belakang Karyawan
5. Pakar
Topik khusus kamu dengan tipe ini adalah gairah, dan kamu selalu mengikuti perkembangan baru di bidang keahlianmu. Tujuanmu adalah memberikan kontribusi penting pada bidang sebagai seorang ahli. Kamu membuat keputusan yang disengaja berdasarkan penelitian dan analisis yang intens.
Keandalan adalah bagian dari DNA-mu. Orang-orang percaya pada para ahli karena mereka memiliki kredensial yang menunjukkan bahwa mereka benar-benar menguasai satu hal. Itu bisa berupa pendidikan, pengalaman kerja, proyek, penghargaan, penelitian, sertifikasi, magang, dan pengakuan media.
6. Pemasar Sasaran
Kamu tidak hanya memahami audiens target, tetapi juga terhubung dengan mereka secara mendalam. Kamu selalu menemukan ide-ide baru yang akan menyenangkan pengguna.
Karyawan dengan tipe ini adalah pendengar yang baik, sangat perhatian, dan penuh perhatian terhadap klien. Sebagai imbalannya, klien percaya bahwa kamu mengutamakan kepentingan mereka.
Pemasar target mengidentifikasi audiens mereka dan merasa empati terhadap mereka. Tujuan mereka adalah mengenal mereka lebih baik dan memenuhi kebutuhan mereka lebih baik daripada orang lain.
7. Elit
Kamu termasuk orang yang menduduki jabatan teratas di bidang pekerjaanmu. Tipe seperti ini adalah sosok yang dicari karena koneksi yang kamu miliki.
Kamu menyukai kemewahan dan hanya membeli kualitas terbaik dalam segala hal untuk mempertahankan standar hidup yang tinggi. Kamu tidak pernah dituduh memiliki sindrom penipu, dan memiliki harga diri dan kepercayaan diri yang tinggi.
Para elit ambisius dan bertekad, dan mereka mengenal orang-orang. Mereka bangga dengan prestasi mereka dan dibayar dengan baik. Dalam benak mereka, mereka pantas mendapatkannya dan layak mendapatkan setiap sen.
8. The Cause
Tipe karyawan seperti ini merasa yakin dan berharap bahwa kamu dapat mengubah dunia. Kamu berempati dan bereaksi secara emosional ketika melihat ketidakadilan atau penderitaan orang lain.
Terkadang kamu merasa kewalahan dan tertekan dengan permintaan orang lain, tetapi kesulitan untuk mengatakan “tidak”. Orang-orang melihat kamu sebagai orang yang dapat dipercaya, dapat diandalkan, dan selalu bersedia membantu.
Menjadi identik dengan suatu tujuan telah mendorong banyak orang ke panggung yang lebih besar. Pikirkanlah peraih Nobel Perdamaian Malala Yousafzai dan perjuangannya untuk pendidikan anak perempuan, atau aktivis perubahan iklim Greta Thunberg.