Untuk pertama kalinya, Tokyo Girls Collection (TGC), festival mode internasional Jepang akan hadir di Indonesia. Event yang dipersembahkan oleh KAO tersebut bertajuk TGC Jakarta 2025. TGC dikenal sebagai salah satu acara hiburan terbesar di Jepang yang memadukan fashion, musik, budaya pop, dan kehadiran selebritas dari berbagai bidang dalam satu panggung.
KAO present TGC Jakarta 2025 hadir membawa semangat inklusivitas, keberagaman, dan hiburan berkualitas tinggi di Indonesia dengan mengangkat tema ‘A stage for Every Woman to Shine’.
Executive Officer Chief Producer W Tokyo INC., Yukiko Ikeda, mengungkapkan antusiasmenya terhadap penyelenggaraan TGC di Jakarta. Jakarta dipilih sebagai lokasi perdana karena dinilai sebagai pusat komunitas kreatif nasional dan titik awal strategis membangun gerakan inklusif.
Baca Juga: 15 Sosok Perempuan Inspiratif di Balik Brand Modest Fashion Lokal
“Menyambut ulang tahun ke-20 TGC, kami bekerja sama dengan pihak pihak terkait untuk mengenalkan TGC kepada dunia. Kami telah menciptakan acara inklusif dan interaktif yang memadukan mode dengan hiburan. Kami sangat antusias menghadirkan pengalaman serupa dengan sentuhan lokal Indonesia,” ungkap Yukiko dalam konferensi pers TGC Jakarta Indonesia 2025, Jakarta, Selasa (27/5/2025).
CEO Trans Digital Lifestyle Group (TDLG), Putri Tanjung, mengungkapkan bahwa kehadiran TGC Jakarta diharapkan dapat membuka lebih banyak ruang bagi perempuan untuk bersinar, tidak hanya di Indonesia tetapi juga di kancah global.
“Kami ingin memastikan setiap perempuan mendapatkan kesempatan yang sama untuk menunjukan keunikannya. Dengan platform yang disupport oleh TGC, semoga perempuan-perempuan Indonesia dapat menginspirasi perempuan-perempuan lain di Indonesia maupun di dunia,” ujarnya.
Perjalanan inspiratif para peserta akan dikemas dalam sebuah reality show yang akan tayang di Youtube mulai Juni 2025. Reality show ini dirancang untuk menampilkan gambaran autentik tentang transformasi pribadi emosi dan perjuangan para peserta.
VP Marketing Kao Indonesia, Susilowati, menuturkan bahwa dukungan Kao terhadap TGC sejalan dengan filosofi perusahaan, Kirei Lifestyle Innovation, yang menekankan pentingnya kebersihan diri sebagai bentuk pemberdayaan perempuan.
“A Stage for Every Woman to Shine sejalan dengan semangat Kirei Lifestyle Innovation Kao Indonesia dalam memberi dampak nyata untuk masyarakat Indonesia, khususnya masa depan yang lebih baik untuk perempuan di Indonesia,” tuturnya.
Desainer lokal ternama, Monique Soeriaatmadja, akan memeriahkan Final Show KAO present TGC Jakarta 2025 lewat labelnya, Alexalexa. Ia akan menampilkan 3 koleksi khusus bertajuk Rococo Rebellio yang mengangkat dualisme karakter perempuan modern yang romantis dan kuat. Sementara koleksi kedua akan mempromosikan keindahan kain tenun Indonesia dengan sentuhan desain kontemporer.
“Melalui koleksi ini, saya ingin memperlihatkan bahwa fashion bisa menjadi medium ekspresi yang kuat. Ini mewakili suara perempuan dalam keberagaman gaya dan sikap mereka,” ucapnya.
Selain Alexalexa, tiga desainer lainnya seperti Tities Sapoetra, Danjyo Hyoji, dan Hartono Gan juga akan menampilkan koleksi mereka. Tak hanya fashion runway, panggung final TGC Jakarta 2025 akan dimeriahkan dengan pertunjukan musik spesial dari penyanyi hingga musisi Indonesia dan Jepang. Tiket final show KAO present TGC Jakarta 2025 sudah dapat dibeli mulai 27 Mei 2025.
President & CEO Mitsui Indonesia, Kohiyama, melihat KAO present TGC Jakarta 2025 sebagai strategi jangka panjang untuk memperkuat koneksi budaya antara Jepang dan Indonesia serta memperkuat industri kreatif lokal.
“Fashion adalah bentuk diplomasi lembut yang efektif, mampu menjembatani perbedaan budaya dan generasi. Kami optimis bahwa KAO present TGC Jakarta 2025 akan memperkuat hubungan antarnegara sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif Indonesia.