KAI Logistik, anak usaha PT Kereta Api Indonesia (Persero), melalui layanan unggulan yang berfokus kepada pengiriman barang retail, KALOG Express, berhasil mengelola lebih dari 53 ribu ton barang hingga November 2024, mencatatkan pencapaian yang positif.

Direktur Operasi KAI Logistik, Heri Siswanto, menyampaikan bahwa hingga November 2024, KAI Logistik berhasil mencatat peningkatan volume angkutan sebesar 12% dibandingkan periode yang sama tahun lalu. Sepanjang periode tersebut, KALOG Express berhasil mengelola 53.965 ton barang retail, naik dari 48.362 ton pada tahun sebelumnya.

Baca Juga: KAI Logistik Perkuat Sistem dan Digitalisasi Lewat RDS

"Capaian ini menjadi bukti komitmen kami untuk terus memberikan layanan terbaik kepada pelanggan. Sektor pengangkutan retail melalui KALOG Express menjadi salah satu fokus utama pengembangan bisnis KAI Logistik tahun ini. Berbagai inovasi strategis yang kami terapkan telah meningkatkan kualitas layanan untuk dapat lebih bersaing dan mendukung peningkatan kinerja positif perseroan," ujarnya, dikutip dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis (12/12/2024).

Salah satu inovasi utama yang mendorong kesuksesan KALOG Express di tahun 2024 adalah peningkatan operasional dengan menambah waktu operasional di seluruh service point yang kini telah beroperasi menjadi setiap hari. Selain itu, KALOG Express juga mempercepat layanan pengiriman ke wilayah timur Pulau Jawa, seperti Banyuwangi, yang kini dapat dijangkau dalam waktu satu hari sampai.

"Kami juga melakukan peningkatan layanan berbasis digital dengan penyempurnaan aplikasi KAI Logistik TRAX. Aplikasi ini memudahkan pelanggan untuk melakukan pengiriman, mulai dari cek lokasi, tarif, realtime tracking, permintaan penjemputan, hingga pembayaran digital, semua dapat dilakukan hanya dengan satu klik. Ke depan, kami akan terus mengembangkan aplikasi ini, termasuk salah satunya melalui penambahan jenis komoditas yang dapat dikirimkan melalui aplikasi dan melengkapi jenis kiriman yang saat ini sudah tersedia seperti paket, dokumen, sepeda hingga sepeda motor," tambah Heri.

Sebagai bagian dari strategi ekspansi dan penguatan jaringan layanan, KALOG Express telah membuka 21 service point baru sepanjang tahun 2024. Dengan penambahan ini, total service point KALOG Express kini mencapai 189 titik yang tersebar di 115 kota/kabupaten. Dengan makin bertambahnya jangkauan service point, perusahaan dapat lebih dekat dengan pelanggan di berbagai wilayah, meningkatkan kecepatan dan efisiensi layanan, serta memberikan akses lebih mudah bagi masyarakat untuk memanfaatkan layanan logistik yang cepat dan tepercaya.

Ke depan, melalui berbagai langkah inovatif strategis, KALOG Express akan terus menghidupkan tagline perusahaan, "KAI Logistik, is possible!" yang mencerminkan komitmen KAI Logistik untuk memberikan solusi logistik terbaik bagi pelanggan. Dengan terus melakukan inovasi yang berkelanjutan, KAI Logistik optimistis KALOG Express akan terus berkembang dan menjadi penyedia solusi logistik terdepan di Indonesia.