Nama Arief Muhammad sudah cukup populer di kalangan anak muda, selain dikenal sebagai selebriti internet karena karya tulisnya yang populer, pria kelahiran Batam 26 Oktober 1990 itu juga dikenal luas karena gurita bisnis yang sukses ia bangun. 

Sarjana Hukum Jebolan Universitas Trisakti itu tahu persis cara memanfaatkan popularitasnya sebagai seorang selebriti internet, namanya yang tiba-tiba meledak dan menjadi pusat perhatian publik lumayan membantunya mendongkrak popularitas bisnis yang ia bangun. 

Baca Juga: Kisah Ciputra Membangun Kota Satelit Pertama Indonesia: Mimpi Siang Bolong yang Menjadi Nyata

Sekar info, dulunya adalah seorang pengguna twitter (sekarang X) dengan identitas anonim. Nama akunnya adalah @poscong, ia membuat sebuah karya tulis berjudul ‘pocong juga pocong’  yang kemudian diangkat menjadi film layar lebar. 

Film itu sukses membetot perhatian publik yang kemudian mulai penasaran dengan sosok di balik akun @poscong. 

Singkat cerita identitas Arief Muhammad terbongkar. Sejak saat itu ia dikenal sebagai selebritis internet. Namanya mendadak tersohor pernyataannya di internet mendapat atensi khusus dari publik jagat maya. Cuitannya kerap menjadi trending topik global dan menjadi buah bibir. 

1. Bisnis Kuliner

Kendati namanya membumbung ke angkasa namun Arief Muhammad tak mau tenggelam dalam gemerlap panggung hiburan internet. Dia sadar betul bahwa kilau panggung itu ada masanya, ada saatnya lampu sorot panggung tak selalu tertuju kepadanya. 

Arief Muhammad kemudian mulai merintis bisnis sebagai sumber penghasilan baru. Bisnis kuliner adalah yang paling pertama ia jajal. Tak hanya satu, ia membuka bermacam-macam kuliner mulai dari  Rumah Makan Padang Payaukumbuah, Baso Aci Akang, dan Cakekinian. 

Seperti pebisnis pada umumnya, Arief Muhammad membuka bisnis kuliner ini secara bertahap,  Rumah Makan Padang bernama Payakumbuah itu  ia dirikan pada 2022.

Baca Juga: Bintaro dan Kota Satelit Impian Ciputra

Lalu pada 2018 ia membangun Baso Aci Akang. Setelahnya  ia mulai merintis bisnis kue oleh-oleh dengan merek Cakekinian. Saat ini, Cakekinian sudah memperluas cakupannya dengan mendirikan 5 cabang di Bandung, Jakarta, Bogor, Jogja, dan Bekasi.

2. Bisnis Lifestyle 

Tak puas dengan bisnis kuliner, Arief Muhammad mulai melirik bisnis lainnya, kali ini mulai menjajal bisnis Lifestyle salah satunya adalah vape pod disposable bernama Elfbar.

Elfbar masuk ke Indonesia melalui Armuh Global, perusahaan yang didirikan oleh Arief Muhammad.

3. Bisnis Fesyen

Arief Muhammad bukan tipe orang yang cepat puas, setelah dua bisnis pertama itu berkembang pesat, ia tetap melaju kali ini bisnis fesyen menjadi tujuannya, ini bukan pelabuhan terakhir, Arief Muhammad hanya sekedar beristirahat, barangkali ada gebrakan lain ke depannya. 

Adapun bisnis fesyen yang digeluti Arief Muhammad bergerak pada penjualan kaos, sweater, hoodie, celana, dan topi. Bisnis fesyen dengan nama brand Billionaire’s Project, Preppstudio, itu ia dirikan pada 2019 lalu.

Bersamaan dengan itu ia juga mendirikan brand Hello Nuku. Brand ini menjual sepatu perempuan dengan konsep kasual dan menawarkan harga yang cukup terjangkau. 

Tak hanya itu, ia juga mendirikan brand Preppstudio  yang menjual produk fesyen untuk pria. Pakaian yang dihadirkan Preppstudio mengusung konsep trendy dan kasual.

Berapa Kekayaan Arief Muhammad? 

Meski sukses di berbagai bidang bisnis yang ia geluti dan tetap populer di panggung hiburan internet, namun tidak ada yang mengetahui secara persis total kekayaan Arief Muhammad. 

Dilansir dari berbagai sumber, total omzet RM Payaukumbuah milik Arief Muhammad diperkirakan mencapai Rp1,5 miliar per bulan. Sementara penghasilan dari bisnis lifestyle dan fesyen tak diketahui secara jelas. 

Tapi jangan kira sumber penghasilan Arief Muhammad hanya dari tiga bisnis itu, ia juga penghasilan lain dari  YouTube sekitar Rp31 juta-Rp191 juta.