6. Gratiana Lianto

Gratiana Lianto atau akrab disapa Grat merupakan pasangan dari Kenneth Chandra. Keduanya dikenal sebagai food vlogger popular Indonesia. Channel milik Gratiana dan suaminya kini memiliki lebih dari 2,97 juta subscriber di YouTube.

Diakui Gratiana, channel yang dibuat keduanya sekitar tahun 2016, mulanya hanya menggunakan handphone untuk mendokumentasikan berbagai jenis makanan yang mereka cicipi, mulai dari kaki lima hingga restoran bintang lima.

Untuk mendapatkan aneka makanan dan minuman yang akan direview, Grat mengaku lebih sering hunting sendiri, terutama makanan yang lagi ramai diperbincangkan.

Ia juga sering membuat perbandingan antara jenis makanan yang sama dengan harga yang mahal dan yang murah, lalu diberi penilaian seobjektif mungkin tapi tidak menjatuhkan restoran atau tempat makan tersebut.

Kini, pasangan suami istri itu tetap fokus pada streetfood tradisional yang menjadi passion mereka. Keputusan fokus itu membuat mereka memiliki ciri khas tersendiri meski saat ini food vlogger sudah menjamur.

7. Angelina Puspasari

Angelina Puspasari atau yang akrab dipanggil Sari adalah sosok di balik channel YouTube Separuh Aku Lemak. Sari terkenal dengan konten-konten seputar makanan pedas dan bakso yang merupakan makanan favoritnya.

Sebagian besar kuliner yang sering diulas dalam kanal Youtube Separuh Aku Lemak adalah bakso dan makanan pedas karena Sari menyukai kedua makanan tersebut. Konten paling populer di kanal Youtube-nya adalah Bakso Klenger yang telah ditonton sebanyak 24 juta kali.

Sebagai warga Kota Bogor, Separuh Aku Lemak juga pernah berkolaborasi dalam kanal Youtube-nya dengan Walikota Bima Arya Sugiarto.

Dikutip dari Social Blade, channel YouTube dengan jumlah subscribers mencapai 1,94 juta ini menghasilkan hingga $3.4K - $54.2K atau setara dengan Rp51 - 813 juta per bulan. Sedangkan pendapatan per tahunnya mencapai$27.4K - $438.2K atau setara dengan Rp411 juta hingga 6,5 miliar.

8. Shely Che

Shely Che merupakan salah satu food vlogger yang menciptakan banyak karya melalui akun YouTube-nya.

Namanya kian melejit sejak dia gemar membuat video mukbang dengan makan-makanan pedas. Ia pun belakangan kembali viral usai review bika ambon Ci Mehong.

Menjadi food vlogger sejak 2016, membuatnya tidak pernah berhenti untuk terus berkarya sampai saat ini. Perempuan yang berambut pirang ini sudah memiliki subscribers di YouTube sebanyak 2,02 juta.

9. Elisabeth Wang

Nama Elisabeth Wang atau Neng Eli pastinya sudah nggak asing lagi di telinga para pecinta kuliner Tanah Air. Wanita kelahiran 1994 ini merupakan YouTuber kuliner atau Food Vlogger yang populer berkat konten-konten yang bervariasi dan seru.

Ia kini memiliki channel YouTube dengan 1,07 juta subscriber.Melalui channel youtubenya tersebut, Elizabeth kerap membagikan beragam hal seputar kuliner. Dari mulai review makanan dan jajanan, hingga resep dan menu makanan.

Perempuan berusia 29 tahun ini kini juga memiliki bisnis di bidang kuliner. Diantaranya seperti @elipeacegum, @nge_pokki, @bake.with.love_, dan @bonbonabon_.

10. Michelle Hendra alias Michimomo

Nama Michelle Hendra alias Michimomo merupakan sosok yang penuh talenta. Sukses sebagai seorang food vlogger dengan akun YouTube-nya, perempuan kelahiran 15 April 1992 ini juga menjadi influencer gaya hidup. Di channel YouTube-nya sendiri, Michelle memiliki 431 ribu pengikut.

Tak hanya succes menjadi food vlogger, Michimomo juga terjun ke bisnis kuliner. Bersama sang suami, ia mendirikan Bamsae Indonesia sebuah Korean Food Bar di bilangan Jakarta Selatan, dan mendirikan ōMō Yogurt Drink.

Selain itu, ia juga memiliki bisnis dessert box yang berkolaborasi dengan dua chef lulusan Le Cordon Bleu dan William Angliss Australia. Menunya sangat variatif mulai dari tiramisu, green tea, watermelon rose, biscoff, hingga klepon.

11. Nanakot

Nanakoot merupakan seorang food vlogger asal Surabaya, Indonesia. Wanita bernamaasli Christine S ini terkenal di platform TikTok dan media sosial lainnya karena konten-konten yang berfokus pada review makanan dan resep masakan.

Nanakoot sering membuat konten yang menampilkan makanan lokal dan internasional, serta berbagi pengalaman kulinernya saat berlibur ke luar negeri.

Nanakoot juga sering membagikan video yang menunjukkan proses pembuatan masakan, ulasan makanan, serta tantangan kuliner. Selain itu, ia juga dikenal karena kejujurannya dalam memberikan ulasan tentang makanan yang ia coba.

Saat ini, Nanakoot memiliki lebih dari 1.59 juta subscribers di YouTube, menjadikannya sebagai salah satu food vlogger perempuan populer di Indonesia.

12. Sibungbung

Sibungbung, bagi pecinta kuliner tentunya tidak asing dengan wanita yang satu ini. Dalam konten videonya, ia kerap kali membagikan video saat memasak atau mereview makanan.

Dengan lebih dari 1,76juta subscriber di YouTube, Sibungbung selalu membawa penontonnya menjelajahi berbagai kuliner di seluruh dunia melalui vlog perjalanannya.

Beragam kuliner pinggir jalan, kafe hingga ukuran jumbo pernah dicoba dan diulas olehnya. Bahkan, tak sedikit yang menyebut bahwa ia adalah kembaran dari Nanakoot.

Pembawaannya yang classy dan ramah membuat audiens menyukai konten-kontennya. Ulasannya yang jujur terhadap rasa makanan juga menjadikan audiens percaya dengan rekomendasi makanan yang ia coba.

Tidak sedikit juga beberapa makanan yang dicobanya tersebut berukuran raksasa atau bahkan jenis makanan yang jarang diminati atau ditemukan.

Baca Juga: Daftar 8 Perempuan Perintis Bisnis Raksasa, Sukses Bangun Merek-Merek Terkenal