Dengan berkembangnya media sosial, konten digital kini hadir dalam berbagai tema atau niche, salah satunya adalah konten kuliner. Mereka yang menekuni bidang ini dikenal sebagai food vlogger.

Konten-konten food vlogger umumnya banyak disukai karena mereka memberikan inspirasi dan pengalaman baru tentang makanan. Tak jarang, penonton pun menjadi penasaran terhadap kuliner tertentu yang diulas dengan baik oleh food vlogger ini.

Di luar itu, konten-konten food vlogger juga enak ditonton, terutama sebagai teman makan. Ketika menonton review makanan, nafsu makan dari penonton seolah juga terbentuk.

Nah, di Indonesia sendiri terdapat banyak food vlogger yang populer, tak terkecuali perempuan. Dan, berikut Olenka rangkum deretan perempuan food vlogger ternama di Indonesia, dikutip dari berbagai sumber, Senin (24/2/2025).

1. Jessica Jane

Jessica Jane awalnya dikenal sebagai seorang gamer, yang akhirnya sukses merambah dunia food vlogging. Dengan konten mukbang dan review makanan beragam, Jessica Jane mampu menarik perhatian para penggemar kuliner.

Tak hanya makanan viral, adik Jess No Limit ini juga sering mengeksplorasi berbagai kuliner tradisional dengan gaya santai dan ramah.

Saat ini, Jessica Jane memiliki lebih dari 11,06 juta subscriber di YouTube, menjadikannya sebagai salah satu food vlogger perempuan terpopuler di Indonesia. Kombinasi antara gaming dan kuliner membuat channel-nya unik dan selalu dinanti-nanti penggemarnya.

Berdasarkan data dari Social Blade, penghasilan bulanan Jessica dari channel YouTube-nya diperkirakan mencapai $1,8K hingga $28,5K, setara dengan Rp27 juta hingga Rp427,5 juta. Sementara itu, penghasilan tahunan yang diraihnya bisa mencapai antara $21,4K dan $341,6K, atau sekitar Rp321 juta hingga Rp5,1 miliar.

2. Ria Sukmawijaya (Ria SW)

Ria Sukma Wijaya, yang lebih dikenal sebagai Ria SW, adalah seorang wanita dengan ciri khas rambut pendek yang telah aktif sebagai food vlogger sejak tahun 2016. Ria SW memiliki konten makanan yang selalu berhasil membuat penontonnya tergoda.

Dengan lebih dari 4,48 juta subscriber di YouTube, Ria SW selalu membawa penontonnya dalam petualangan kuliner yang seru dan menggugah selera.

Konten-konten Ria selalu menarik, karena tak hanya membahas rasa, tetapi juga memberikan pengalaman lokal yang autentik. Dia mengedepankan interaksi dengan para penjual makanan.

Food vlogger ini juga sangat menggemari K-pop dan segala hal yang berbau Korea. Hal ini tercermin dari gaya dan penampilannya yang menyerupai gadis Korea. Kepribadiannya yang lucu dan tidak jaim juga membuatnya menjadi food vlogger favorit banyak orang.

Menurut data dari Social Blade, penghasilan bulanan Ria SW dari YouTube berkisar antara $2,5K hingga $39,3K, setara dengan Rp37,5 juta - Rp589,5 juta. Sementara itu, penghasilan tahunannya mencapai $29,5K hingga $472K, atau sekitar Rp442,5 juta - Rp7 miliar.

3. Mgdalenaf

Mgdalenaf alias Magdalena Fridawati adalah food vlogger yang memiliki latar belakang pendidikan di jurusan Kriminologi Universitas Indonesia. Meski tak berhubungan dengan latar pendidikannya, Mgdalenaf cukup berhasil terjun ke dunia YouTube.

Wanita kelahiran 29 April 1994 ini membuat konten YouTube video mukbang dengan porsi yang bukan main. Melalui jargon 'bar-bar kuy', ia kini telah memiliki 4,32 juta subscriber.

Dia kerap menikmati mukbang porsi besar, baik itu makanan tradisional Indonesia maupun makanan viral yang sedang trending di media sosial. Gaya bicaranya yang tenang, tetapi menghibur membuat banyak orang betah menonton.

Kontennya juga selalu bervariasi, sehingga penonton tidak hanya disuguhkan mukbang porsi besar, tetapi juga informasi soal makanan yang up to date. Magda juga memiliki cara unik untuk menjaga agar perutnya tetap sehat. Ia selalu minum minyak zaitun sebelum makan dan minum susu setelah menyantap makanan pedas.

Berdasarkan data Social Blade, penghasilan bulanan channel YouTube MGDALENAF diperkirakan mencapai $664 - $10,6K, atau sekitar Rp9,96 juta hingga Rp159 juta. Dalam setahun, Magdalena mampu menghasilkan $8K - $127,4K, setara dengan Rp120 juta hingga Rp1,9 miliar.

4. Farida Nurhan

Farida Nurhan, atau akrab disapa Omay, adalah food vlogger yang sejak 2017 aktif mengulas berbagai tempat makan.Awalnya, ia memulai sebagai food vlogger dengan me-review aneka snack milik artis untuk mencari penghasilan tambahan.

Wanita yang pernah bekerja sebagai TKI ini kini memiliki lebih dari 5,17 juta subscriber di YouTube. Farida adalah food vlogger yang tidak hanya informatif, tetapi juga menghibur.

Gaya kontennya penuh energi, membuat siapa pun yang menontonnya merasa seperti sedang diajak berbincang santai soal makanan.

Dikutip dari Social Blade, penghasilan Farida Nurhan dari YouTube tak kalah dari food vlogger lainnya. Setiap bulan, ia bisa mendapatkan antara $3,8K hingga $61,3K, atau sekitar Rp57 juta hingga Rp919,5 juta. Sedangkan penghasilan tahunannya berkisar antara $46K hingga $735,7K, setara dengan Rp690 juta hingga Rp11 miliar.

5. Bella Kuku Tanesia

Bella Kuku Tanesia adalah food vlogger perempuan yang dikenal dengan konten makanan hits di Jakarta dan sekitarnya. Bella sering kali me-review restoran-restoran baru dan kafe yang lagi viral.

Dengan gaya yang santai dan penuh informasi, Bella selalu sukses membuat penonton tertarik untuk mencoba makanan yang ia review. Bella kini memiliki lebih dari 2,09 juta subscriber di YouTube.

Dilansir dari Social Blade, channel YouTube Bella Kuku Tanesia mampu meraih pendapatan sekitar $3,4K - $54,2K per bulan, atau setara dengan Rp51 juta hingga Rp813 juta. Sementara itu, per tahunnya ia bisa meraup hingga $40.7K - $650.5K atau setara dengan Rp610,5 juta - 9,7 miliar.

Bagi kamu yang ingin tahu tempat makan trendy dan kekinian, Bella Kuku Tanesia pasti akan jadi inspirasi kulineranmu.

Baca Juga: Deretan Perempuan Penerus Bisnis Keluarga Konglomerat di Indonesia

6. Gratiana Lianto

Gratiana Lianto atau akrab disapa Grat merupakan pasangan dari Kenneth Chandra. Keduanya dikenal sebagai food vlogger popular Indonesia. Channel milik Gratiana dan suaminya kini memiliki lebih dari 2,97 juta subscriber di YouTube.

Diakui Gratiana, channel yang dibuat keduanya sekitar tahun 2016, mulanya hanya menggunakan handphone untuk mendokumentasikan berbagai jenis makanan yang mereka cicipi, mulai dari kaki lima hingga restoran bintang lima.

Untuk mendapatkan aneka makanan dan minuman yang akan direview, Grat mengaku lebih sering hunting sendiri, terutama makanan yang lagi ramai diperbincangkan.

Ia juga sering membuat perbandingan antara jenis makanan yang sama dengan harga yang mahal dan yang murah, lalu diberi penilaian seobjektif mungkin tapi tidak menjatuhkan restoran atau tempat makan tersebut.

Kini, pasangan suami istri itu tetap fokus pada streetfood tradisional yang menjadi passion mereka. Keputusan fokus itu membuat mereka memiliki ciri khas tersendiri meski saat ini food vlogger sudah menjamur.

7. Angelina Puspasari

Angelina Puspasari atau yang akrab dipanggil Sari adalah sosok di balik channel YouTube Separuh Aku Lemak. Sari terkenal dengan konten-konten seputar makanan pedas dan bakso yang merupakan makanan favoritnya.

Sebagian besar kuliner yang sering diulas dalam kanal Youtube Separuh Aku Lemak adalah bakso dan makanan pedas karena Sari menyukai kedua makanan tersebut. Konten paling populer di kanal Youtube-nya adalah Bakso Klenger yang telah ditonton sebanyak 24 juta kali.

Sebagai warga Kota Bogor, Separuh Aku Lemak juga pernah berkolaborasi dalam kanal Youtube-nya dengan Walikota Bima Arya Sugiarto.

Dikutip dari Social Blade, channel YouTube dengan jumlah subscribers mencapai 1,94 juta ini menghasilkan hingga $3.4K - $54.2K atau setara dengan Rp51 - 813 juta per bulan. Sedangkan pendapatan per tahunnya mencapai$27.4K - $438.2K atau setara dengan Rp411 juta hingga 6,5 miliar.

8. Shely Che

Shely Che merupakan salah satu food vlogger yang menciptakan banyak karya melalui akun YouTube-nya.

Namanya kian melejit sejak dia gemar membuat video mukbang dengan makan-makanan pedas. Ia pun belakangan kembali viral usai review bika ambon Ci Mehong.

Menjadi food vlogger sejak 2016, membuatnya tidak pernah berhenti untuk terus berkarya sampai saat ini. Perempuan yang berambut pirang ini sudah memiliki subscribers di YouTube sebanyak 2,02 juta.

9. Elisabeth Wang

Nama Elisabeth Wang atau Neng Eli pastinya sudah nggak asing lagi di telinga para pecinta kuliner Tanah Air. Wanita kelahiran 1994 ini merupakan YouTuber kuliner atau Food Vlogger yang populer berkat konten-konten yang bervariasi dan seru.

Ia kini memiliki channel YouTube dengan 1,07 juta subscriber.Melalui channel youtubenya tersebut, Elizabeth kerap membagikan beragam hal seputar kuliner. Dari mulai review makanan dan jajanan, hingga resep dan menu makanan.

Perempuan berusia 29 tahun ini kini juga memiliki bisnis di bidang kuliner. Diantaranya seperti @elipeacegum, @nge_pokki, @bake.with.love_, dan @bonbonabon_.

10. Michelle Hendra alias Michimomo

Nama Michelle Hendra alias Michimomo merupakan sosok yang penuh talenta. Sukses sebagai seorang food vlogger dengan akun YouTube-nya, perempuan kelahiran 15 April 1992 ini juga menjadi influencer gaya hidup. Di channel YouTube-nya sendiri, Michelle memiliki 431 ribu pengikut.

Tak hanya succes menjadi food vlogger, Michimomo juga terjun ke bisnis kuliner. Bersama sang suami, ia mendirikan Bamsae Indonesia sebuah Korean Food Bar di bilangan Jakarta Selatan, dan mendirikan ōMō Yogurt Drink.

Selain itu, ia juga memiliki bisnis dessert box yang berkolaborasi dengan dua chef lulusan Le Cordon Bleu dan William Angliss Australia. Menunya sangat variatif mulai dari tiramisu, green tea, watermelon rose, biscoff, hingga klepon.

11. Nanakot

Nanakoot merupakan seorang food vlogger asal Surabaya, Indonesia. Wanita bernamaasli Christine S ini terkenal di platform TikTok dan media sosial lainnya karena konten-konten yang berfokus pada review makanan dan resep masakan.

Nanakoot sering membuat konten yang menampilkan makanan lokal dan internasional, serta berbagi pengalaman kulinernya saat berlibur ke luar negeri.

Nanakoot juga sering membagikan video yang menunjukkan proses pembuatan masakan, ulasan makanan, serta tantangan kuliner. Selain itu, ia juga dikenal karena kejujurannya dalam memberikan ulasan tentang makanan yang ia coba.

Saat ini, Nanakoot memiliki lebih dari 1.59 juta subscribers di YouTube, menjadikannya sebagai salah satu food vlogger perempuan populer di Indonesia.

12. Sibungbung

Sibungbung, bagi pecinta kuliner tentunya tidak asing dengan wanita yang satu ini. Dalam konten videonya, ia kerap kali membagikan video saat memasak atau mereview makanan.

Dengan lebih dari 1,76juta subscriber di YouTube, Sibungbung selalu membawa penontonnya menjelajahi berbagai kuliner di seluruh dunia melalui vlog perjalanannya.

Beragam kuliner pinggir jalan, kafe hingga ukuran jumbo pernah dicoba dan diulas olehnya. Bahkan, tak sedikit yang menyebut bahwa ia adalah kembaran dari Nanakoot.

Pembawaannya yang classy dan ramah membuat audiens menyukai konten-kontennya. Ulasannya yang jujur terhadap rasa makanan juga menjadikan audiens percaya dengan rekomendasi makanan yang ia coba.

Tidak sedikit juga beberapa makanan yang dicobanya tersebut berukuran raksasa atau bahkan jenis makanan yang jarang diminati atau ditemukan.

Baca Juga: Daftar 8 Perempuan Perintis Bisnis Raksasa, Sukses Bangun Merek-Merek Terkenal