Banyak sekali kolaborasi yang telah dicoba oleh IdeaFest, kata Ben. Mulai dari membuat comedy festival, acara musik, acara marketplace, acara content creator, festival, dan lain sebagainya. Ben menegaskan, IdeaFest memberikan ruang untuk para kreator untuk meng-create suatu event.
“Beberapa tahun lalu, kita ajak teman-teman dari Manual Jakarta untuk create sebuah event food bazaar. Dan akhirnya mereka create. Dan setelah itu, IP-nya menjadi milik mereka dan berkembang sampai hari ini,” cerita Ben.
“Kita berharap dengan adanya kolaborasi dengan stakeholder ini, membuat kita terus hidupnya itu gak akan kehabisan ide. Karena siapapun akan muncul, seperti generasi baru yang sudah membuat sebuah proyek ataupun IP dalam industri kreatif,” sambungnya.
Baca Juga: Daftar 400+ Pembicara Internasional dan Nasional yang Akan Hadir di IdeaFest 2024
Kemudian, relevansi. Menurut Ben, relevansi dibutuhkan dengan cara berkolaborasi. Ia menyadari, ke depannya generasi muda pasti akan diikutsertakan dalam kolaborasi dan terus mengikuti perkembangan tren.
"Makanya kenapa ada format braintrust sejak 2016. Karena memang kita merasa sudah gak bisa tim internal yang mengenal seluruh tren atau industri yang sedang bergerak dengan dinamikanya yang luar biasa. Sehingga kita rasa memang kekuatannya Idefest ada di dalam stakeholder collaboration,” imbuh Ben.
Ideafest 2024 tengah berlangsung terhitung sejak 27-29 September 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan. Ada lebih dari 400 pembicara nasional dan internasional yang terbagi ke dalam 160 sesi. Menariknya, di tahun ini sebanyak 67 persen pembicara di antaranya adalah wajah baru dan pertama kali bergabung untuk memberikan insight yang fresh di Ideafest 2024.