Di tengah kesibukannya mengurus dua anak, Yuni (30), seorang ibu rumah tangga asal Cicalengka, Jawa Barat, berhasil membuktikan bahwa perempuan bisa tetap produktif dan mandiri secara finansial dari rumah.
Melalui Zayyan Hijab, brand hijab yang ia rintis dari nol, Yuni kini sukses menjual ribuan produk setiap bulannya lewat platform lokapasar (marketplace).
Brand Zayyan Hijab lahir pada tahun 2023, bertepatan dengan kehamilan anak keduanya. Nama "Zayyan" pun terinspirasi dari nama buah hati tercinta, yang menjadi simbol awal perjalanan bisnisnya.
Sebelum menemukan jalur kesuksesan lewat Zayyan Hijab, Yuni sempat mencoba berbagai usaha seperti jualan baju anak, makanan, hingga menjadi affiliator Shopee. Namun, dari semua upaya itu, bisnis hijab inilah yang akhirnya membawanya pada titik balik.
Yang menarik, Yuni memulai bisnis Zayyan Hijab tanpa modal sepeser pun. Ia mengandalkan keberanian dan semangat belajar, serta bekal pengetahuan dari pelatihan bisnis digital.
“Waktu itu saya datang ke acara pelatihan Gollaborasi yang diselenggarakan oleh Shopee dan JNE di tahun 2024. Tanpa disangka, acara ini justru jadi titik balik hidup saya. Dari sana saya sadar bahwa Shopee menyediakan ekosistem yang sangat mendukung UMKM lokal untuk berkembang,” ungkap Yuni, dalam keterangannya, Rabu (23/7/2025).
Untuk mengatasi keterbatasan modal, Yuni menerapkan sistem tempo dengan pemasok lokal. Artinya, ia mengambil barang dulu dan membayar setelah barang terjual. Cara ini terbukti efektif berkat proses pencairan dana dari Shopee yang cepat dan memudahkan pengelolaan arus kas.
“Ambil barang dulu, jual, tunggu pembeli bayar, baru saya bayar ke pemasok. Semua bisa berjalan lancar karena pencairan dari Shopee sangat cepat. Alhamdulillah sekarang Zayyan Hijab sudah tidak pakai sistem tempo lagi, karena sudah bisa produksi sendiri lewat kerja sama dengan beberapa konveksi,” jelasnya.
Baca Juga: Kisah Ahmad Adi Sudrajat Membangun Makaroni SOS dari Nol hingga Jadi Primadona Camilan Lokal