Sejalan dengan komitmen Shopee untuk mendukung pertumbuhan UMKM dan produk lokal, Shopee terus menjadi kawan dalam perjalanan UMKM lokal.
Tidak hanya mendukung kesuksesan UMKM di dalam negeri, Shopee juga membuka peluang UMKM untuk bersinar di pasar global, melalui program unggulannya Program Ekspor Shopee. Sejak program ini diluncurkan pada tahun 2019, lebih dari 50 juta produk lokal dan UMKM telah berhasil diekspor ke berbagai negara.
Menariknya, dari berbagai kategori produk yang diekspor, pasar global memiliki minat yang tinggi terhadap produk fesyen lokal asal Indonesia. Tiga kategori fesyen terpopuler yang paling diminati di pasar ekspor Shopee di tahun 2024 adalah Fesyen Muslim, Fesyen Wanita, serta Fesyen Bayi & Anak.
Umma Baby adalah salah satu contoh UMKM produsen produk fesyen bayi asal Malang yang telah sukses bersaing di pasar global melalui Program Ekspor Shopee. Bisnis yang dimulai dengan modal 1 jutaan ini, kini berhasil melanglang buana sampai ke Amerika Latin.
Agung Wredho Mulyo dan istrinya, Fatatul Mustika, pemilik Umma Baby, mendirikan toko pakaian dan perlengkapan bayi online untuk bayi berusia 0-3 bulan dengan modal Rp1,5 juta pada tahun 2016.
Selama 9 tahun menjalani bisnis di e-commerce, Agung dan Tika percaya bahwa bisnis online akan semakin berkembang dan menjanjikan. Umma Baby telah menjadi bukti bahwa membangun bisnis di e-commerce tidak hanya membuat mereka sukses di dalam negeri, tetapi juga luar negeri.
Di sepanjang tahun 2024, Umma Baby bahkan berhasil mengekspor hampir 100.000 produk ke berbagai negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin melalui Program Ekspor Shopee.
Berawal dari pengalaman pribadi sebagai orang tua baru yang cukup merasa kesulitan saat mempersiapkan berbagai perlengkapan bayi untuk anak pertama, keduanya menyadari bahwa hal ini akan selalu menjadi tantangan tersendiri bagi para orang tua baru.
Hal inilah yang akhirnya menginspirasi pasangan asal Kepanjen ini dalam mendirikan Umma Baby, toko online yang menyediakan beragam produk newborn berkualitas tinggi dengan harga terjangkau. Saat ini, Umma Baby bahkan telah berhasil membuka lapangan kerja bagi lebih dari 200 karyawan lokal di daerah Malang.
“Kami sangat terbantu oleh Shopee, karena tanpa platform ini, kami tidak mungkin dapat melayani ribuan hingga puluhan ribu order dalam sehari seperti yang kami lakukan sekarang. Tidak cuma di Indonesia, kami juga berhasil membuktikan bahwa kami bisa bersaing di pasar global, seperti Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, Taiwan, dan Kolombia. Hal tersebut bisa terjadi karena kemudahan berjualan di Shopee. Melalui Program Ekspor Shopee, penjualan ekspor kami semua operasionalnya dibantu oleh Shopee, mulai dari chat hingga pengiriman, kami tinggal packing pesanannya saja,” jelas Agung.
Tika menambahkan bahwa kunci mengembangkan bisnis Umma Baby terletak pada upayanya dalam mendeteksi tren fesyen ibu dan ayah bayi.
"Kami selalu berusaha mengikuti tren fesyen para orang tua bayi, kemudian kami menerjemahkan tren tersebut ke dalam produk bayi karena bayi belum bisa pilih baju sendiri. Tren pada warna, motif, atau model ini disesuaikan dengan selera orang tuanya agar klop antara orang tua dan anak. Selain itu, kami juga aktif ikutan kampanye seperti kampanye tanggal kembar, Big Ramadan Sale, Shopee Live, dan Shopee Video untuk memberikan voucher diskon bagi pembeli. Kami anggapnya program promosi itu sebagai investasi dan kami yakin bahwa hasilnya akan kembali lebih dari investasi tersebut," ungkap Tika.
Ini tren produk ekspor unggulan di berbagai negara
Produk Umma Baby kini telah tersedia dan dapat dibeli di berbagai negara di Asia Tenggara, Asia Timur, hingga Amerika Latin.
Salah satu produk yang paling populer dalam penjualan ekspor adalah paket pakaian bayi dalam jumlah besar, seperti paket berisi 30 pcs yang terdiri dari baju, celana, topi, dan sarung tangan.
Paket ini banyak diminati karena memberikan solusi praktis bagi orang tua, khususnya orang tua baru, yang ingin memenuhi kebutuhan bayi mereka dengan lebih efisien.
Menariknya, tren pembelian di tiap negara memiliki keunikan tersendiri yang mungkin disebabkan oleh faktor cuaca, tren, dan budaya di tiap negara. Hal ini juga terlihat dalam pola penjualan Umma Baby di berbagai negara di Asia Tenggara:
- Malaysia: Paket pakaian bayi dengan warna cerah dan motif ramai sangat diminati, mencerminkan selera lokal yang menyukai desain playful dan berwarna. Namun, set pakaian polos dan netral juga tetap populer karena dianggap lebih fleksibel dan mudah dipadukan untuk berbagai kesempatan.
- Filipina: Paket pakaian bayi dengan warna monokrom dan netral menjadi yang terfavorit di pasar Filipina. Pilihan ini mungkin didasarkan oleh desain yang simpel dan timeless, sehingga cocok digunakan untuk berbagai situasi tanpa terlihat terlalu mencolok.
- Thailand: Serupa dengan Malaysia, paket pakaian bayi dengan warna cerah dan motif ramai mendominasi pasar Thailand. Cuaca panas sepanjang tahun membuat orang tua lebih memilih pakaian berbahan ringan dan breathable, dengan desain yang mencerminkan keceriaan dan kenyamanan bagi bayi.
- Singapura: Berbeda dari negara lainnya, di Singapura sarung tangan dan kaki bayi justru menjadi produk Umma Baby yang paling laris. Selain itu, jumpsuit bayi juga cukup diminati di negeri singa ini karena desainnya yang stylish.
Tidak hanya membantu UMKM bersinar di dalam dan luar negeri, Shopee terus menghadirkan inovasi untuk membantu para pengusaha UMKM, terutama yang baru mau memulai berbisnis online. Shopee baru saja meluncurkan Program Sukses UMKM Baru, program khusus yang memberikan dukungan bagi Penjual UMKM yang baru membuka toko di Shopee.
Para penjual UMKM baru di Shopee bisa mendapatkan gratis Biaya Administrasi untuk 50 pesanan pertama, gratis Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA untuk 200 pesanan pertama, voucher gratis senilai Rp 1 juta untuk membuat voucher diskon di toko Penjual, hingga pelatihan gratis dari Kampus UMKM Shopee Kelas Online.