Nama Gufron Syarif dalam industri F&B Tanah Air, sudah tak asing lagi didengar. Dia tak lain adalah sosok di balik kesuksesan Haus! — brand minuman populer masyarakat yang masih eksis hingga saat ini. Sukses merintis Haus! sejak 2018 silam, Gufron Syarif kembali melebarkan sayap bisnisnya dengan menghadirkan resto fast food keluarga, Ayam Mecca.
Melalui PT Inspirasi Bisnis Nusantara (IBN), pria yang karib disapa Ufo itu menghadirkan Ayam Mecca sebagai resto fried chicken dengan membawa misi pro-Palestina. Seperti diketahui, genosida yang dilakukan Israel terhadap masyarakat Palestina telah menarik perhatian dunia. Bahkan, banyak produk yang diduga pro-Israel turut diboikot, beberapa di antaranya adalah resto fried chicken yang ada di Indonesia.
Bermula dari kegemaran Gufron dan keluarga berkunjung ke salah satu restoran fried chicken, namun kebiasaan itu terhenti setelah adanya seruan boikot. Ditambah lagi, komitmen Gufron dan keluarga untuk berhenti mengonsumsi produk yang diduga pro-Israel semakin menguat.
Melihat kondisi tersebut, Gufron tergerak untuk berinovasi dengan menghadirkan restoran fast food keluarga yang mengedepankan misi pro-Palestina, serta menyisihkan sebagian hasil penjualan untuk membantu masyarakat di sana.
“Ini genocide yang sangat jelas di sana, siapa lagi kalau bukan kita yang membantu? Jadi, kita bikin bisnis yang bisa jadi kendaraan kita untuk masuk Surga. Kita komit,” ujar Gufron Syarif dalam agenda Grand Launching Ayam Mecca di kawasan Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Rabu (5/2/2025).
Baca Juga: HAUS! dan Perjalanan Kesuksesannya: Dari Tren Minuman Kekinian hingga Sukses Dulang Omzet Miliaran
Kejadian di Palestina memberikan banyak pelajaran. Dulu orang makan hanya untuk makan, kata Ufo, tetapi saat ini banyak yang mulai menyadari bahwa ada misi di balik apa yang dikonsumsi.
Peristiwa yang dialami masyarakat Palestina membuka mata banyak orang, termasuk komunitas Muslim, tentang ketertinggalan mereka dalam berbagai hal. Menurut Ufo, Banyak yang masih belum menyadari peluang bisnis yang bisa tumbuh dari situasi ini.
“Ketika diberikan kesempatan dan level, banyak yang belum melihat peluang bisnis yang bisa berkembang di sini. Sekarang ini, orang makan dan tidur, tapi bagaimana cara kita memanfaatkannya?” tutur Ufo.
“Setelah kejadian 7 Oktober 2023, orang mulai lebih peduli pada nilai emosional, terutama bagi umat Muslim. Support terhadap orang-orang di Palestina semakin jelas. Kita sebagai umat Muslim, khususnya, harus ikut berkontribusi, meskipun dalam bentuk kecil sekalipun,” tambahnya.