Di sepanjang tahun 2024, platform e-commerce terus menjadi wadah lahirnya berbagai inovasi yang membantu UMKM dan Penjual lokal bertumbuh. Platform e-commerce juga terus berinovasi untuk menghadirkan pengalaman belanja yang nyaman bagi Pembeli dan membuka peluang baru bagi para kreator.
Sejalan dengan perekonomian Indonesia yang tumbuh sebesar 4,95% (yoy) atau 5,03% (ctc) di Triwulan III-2024, Shopee juga mencatat kenaikan penjualan Kreator dan UMKM baik di dalam maupun luar negeri.
Hal ini ditunjang dengan inovasi peningkatan kualitas layanan yang dihadirkan seperti program Garansi Tepat Waktu, program afiliasi bersama YouTube Shopping, kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal untuk mempermudah proses sertifikasi halal bagi UMKM, hingga peluang ekspor ke kawasan Asia Timur, Asia Tenggara, dan Amerika Latin.
Direktur Eksekutif Shopee Indonesia, Christin Djuarto, menyampaikan, inovasi menjadi kunci agar terus dapat relevan, menjaga kepercayaan, dan bisa terus bertumbuh.
“Dari pemahaman ini, kami sebagai platform e-commerce juga berusaha melahirkan berbagai inovasi baru; mulai dari program, fitur, dan inisiatif yang mendukung seluruh ekosistem kami untuk juga bisa berinovasi dan menciptakan banyak dampak positif bersama. Tahun 2024 kami senang bisa melihat Penjual, Pembeli, dan Kreator bisa bertumbuh; tidak hanya di dalam tapi juga di luar negeri,” tutur Christin.
Penjual Lokal Tumbuh dan Berkembang melalui Akses Pasar
Program Ekspor Shopee dan kanal Shopee Pilih Lokal menjadi wadah yang mendorong inovasi. Tahun ini, jumlah produk lokal yang telah diekspor ke berbagai negara di Asia Tenggara, Asia Timur, dan Amerika Latin tahun ini mengalami peningkatan hampir 50 persen dibandingkan tahun 2023, dengan kategori produk ekspor yang paling diminati adalah Fesyen Muslim, Fesyen Wanita, serta Fesyen Bayi & Anak.
Di sisi lain, ragam promosi yang dihadirkan untuk membantu menumbuhkan kecintaan terhadap produk lokal juga melihat hasil yang positif. Penjualan produk lokal di kanal Shopee Pilih Lokal tahun ini melonjak lebih dari 200 persen dibandingkan tahun sebelumnya.
Di sisi lain, kemudahan teknologi melalui kerja sama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal juga membantu 1.000 usaha lokal berhasil memperoleh sertifikasi halal pada tahun 2024, memperkuat kepercayaan dan tingkat kepuasan konsumen berbelanja di para Penjual dan Merchant ini.
“Program-program ini mendorong pemerataan pertumbuhan usaha lokal secara berkelanjutan. Di tahun 2024, UMKM dari Aceh Besar, Sinjai, Pohuwato, Pakpak Bharat, dan Pekalongan mencatatkan peningkatan penjualan tertinggi dalam melayani Pembeli dari berbagai penjuru negeri,” tambah Christin.
Baca Juga: Jadi Host Shopee Live, Mendag Dorong Penjualan UMKM Selama Harbolnas 2024