PT Global Digital Niaga Tbk (BELI/Blibli) menyelenggarakan RUPST dan RUPSL tahun buku 2023 pada 13 Juni 2023 lalu. Kusumo Martanto, CEO & Co-Founder Blibli, mengatakan bahwa meskipun di tengah berbagai tantangan usaha sepanjang tahun 2023, perusahaan secara konsisten berupaya menciptakan berbagai terobosan dan inovasi guna mengoptimalkan marjin, kepemimpinan biaya, dan keunggulan ekosistem sehingga Perseroan mampu menutup tahun buku 2023 dengan kinerja usaha yang terus bertumbuh positif dan berdampak juga terhadap kinerja keuangan yang semakin sehat.

Ia menambahkan, tema besar yang masih menjadi fokus perhatian utama Blibli dalam rangka meningkatkan daya saing dan mempertahankan pertumbuhan usaha adalah perubahan dan dinamika bisnis dalam industri digital, khususnya sektor e-commerce dan online travel agent. Untuk itu, strategi usaha dan kebijakan strategis yang diambil Blibli ditekankan pada perluasan pilihan produk, penguatan layanan, pengembangan teknologi, inovasi omnichannel, kepemimpinan biaya serta pengembangan sinergi potensial di dalam ekosistem Blibli Tiket yang terintegrasi.

Baca Juga: Brand Fashion Lokal Ini Sukses Jualan Online Lewat Live Streaming dan Raup Omzet Rp 1 M, Apa Rahasianya?

"Blibli juga meyakini bahwa implementasi berbagai strategi tersebut telah berkontribusi secara positif dalam meningkatkan pengalaman berbelanja pelanggan, yang pada akhirnya meningkatkan kinerja usaha Perseroan dan memberikan nilai tambah kepada seluruh pemangku kepentingan,” ungkap Kusumo.

Kusumo menyampaikan bahwa pencapaian Blibli juga ditandai dengan berbagai milestones penting sepanjang tahun 2023 yang mencakup upaya dalam memperkuat strategi omnichannel melalui ekspansi toko-toko fisik yang berkelanjutan dengan menggandeng berbagai mitra pemegang merek global ternama. Hal ini dilakukan Blibli untuk memberikan keleluasaan dan fleksibilitas kepada para pelanggan dalam berinteraksi dan berbelanja di dalam ekosistem Blibli Tiket baik secara daring maupun luring. Di sisi operasional, Perseroan juga telah mulai menerapkan otomasi di berbagai proses, termasuk pemanfaatan kecerdasan buatan (artificial intelligence).

Lebih lanjut, Blibli juga terus mendorong penjualan silang antar ketiga platform utama yang dimiliki (Blibli, tiket.com, dan Ranch Market) termasuk meluncurkan program loyalitas terpadu–Blibli Tiket Rewards, yang telah diintegrasikan di seluruh platform di dalam ekosistem Perseroan. Di dalam RUPST, pemegang saham Perseroan telah menyetujui dan mengesahkan Laporan Direksi atas Laporan Tahunan Perseroan, yang termasuk di dalamnya laporan kegiatan usaha serta laporan kinerja keuangan Perseroan untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2023. 

Perseroan berhasil mencetak kinerja keuangan positif, di mana laba bruto konsolidasian pada tahun 2023 tercatat sebesar Rp2,4 triliun, meningkat 97% dibandingkan dengan laba bruto konsolidasian pada tahun 2022 yang tercatat sebesar Rp1,2 triliun. Hal ini mencerminkan kinerja marjin bruto konsolidasian yang meningkat secara year-on-year sebesar 830-bps dari 8.0% pada tahun 2022 menjadi 16,3% pada tahun 2023. Sementara itu, dari aspek beban operasional, peusahaan mencatatkan jumlah beban operasional konsolidasian sebesar Rp6,0 triliun pada tahun 2023, lebih rendah 4% dibandingkan dengan beban operasional konsolidasian pada tahun 2022 yang tercatat sebesar Rp6,3 triliun sehingga, secara keseluruhan Perseroan mencatatkan penurunan rugi bersih tahun berjalan konsolidasian sebesar 34% menjadi sebesar Rp3,7 triliun pada tahun 2023.

“Perseroan menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas kepercayaan dan dukungan dari seluruh pemegang saham Perseroan hingga saat ini. Kedepannya, Perseroan akan terus melakukan evaluasi dan penyesuaian inovasi terhadap berbagai strategi usaha maupun kebijakan strategis dengan mempertimbangkan dinamika perekonomian, kemajuan teknologi dan kebutuhan pelanggan,” tutup Kusumo.