Apakah kalian tahu pemasaran itu apa? Ya, sebagian orang awam, terkadang masih belum mengerti pemasaran itu seperti apa, dan kerap kali banyak yang menganggap pemasaran hanya sebatas iklan atau promosi produk. Padahal, pemasaran memiliki konsep yang jauh lebih luas dan mendalam. Pemasaran adalah salah satu elemen paling penting dalam dunia bisnis.  

Untuk memahami lebih lanjut, Hermawan Kartajaya seorang tokoh penting dalam dunia pemasaran di Indonesia, telah membuat beberapa buku mengenai pemasaran.

Salah satu kontribusi terbesar pria yang pernah menjabat sebagai Presiden World Marketing Association The Chartered Institute of Marketing itu telah mengembangkan teori pemasaran yang relevan dengan dinamika pasar di Indonesia dan global.

Baca Juga: Daftar Buku Karya Tom Nichols, dalam Kritik, Strategi, dan Refleksi Dunia Modern

Karya-karyanya dikenal luas berisikan konsep dan strategi pemasaran dan sangat cocok untuk pemula yang ingin memulai bisnis. Berikut Olenka rangkum pada Selasa (03/12/2024) beberapa buku populer karya Hermawan Kartajaya yang wajib kamu baca:

Marketing Plus 2000 Siasat Memenangkan Persaingan Global

Marketing Plus 2000: Siasat Memenangkan Persaingan Global karya Hermawan Kartajaya adalah sebuah karya yang membahas bagaimana perusahaan dan pelaku bisnis dapat memanfaatkan strategi pemasaran untuk menghadapi tantangan persaingan global di era milenium.

Terbit di tahun 1996 pada bulan Januari, buku ini menggabungkan pemahaman pemasaran yang telah ada dengan penekanan pada pentingnya inovasi dan adaptasi terhadap perubahan global yang sangat cepat. 

Hermawan Kartajaya on Marketing Mix

Buku Hermawan Kartajaya on Marketing adalah kumpulan pemikiran dan panduan praktis dari Hermawan Kartajaya mengenai konsep-konsep pemasaran modern. Diterbitkan pada tahun 2007 dengan jumlah buku 232 halaman, Marketing mix adalah sebuah taktik dalam mengintegrasikan unsur penawaran, logistik, dan cara mempromosikan produk atau jasa Anda.

Baca Juga: Menyelami Dunia Sastra, Ini Daftar Buku Karya Ratih Kumala dari Gadis Kretek hingga Tabula Rasa

Tidak hanya perlu melakukan penawaran yang menarik, Anda juga harus memikirkan taktik yang tepat dalam mendistribusikan dan mempromosikannya. Melalui tulisan Hermawan, buku ini mampu mengubah pemahaman konvensional Anda tentang pemasaran.

Positioning, Diferensiasi, Brand

Buku Positioning, Diferensiasi, Brand karya Hermawan Kartajaya adalah sebuah karya yang membahas dengan mendalam tiga konsep utama dalam pemasaran modern yang sangat penting untuk membangun sebuah merek yang sukses: positioning, diferensiasi, dan brand.

Terbit pada tahun 2008, dengan jumlah Buku ini mengajak pembaca untuk memahami bagaimana perusahaan dapat menciptakan posisi yang kuat di pasar, membedakan dirinya dari pesaing, dan membangun merek yang memiliki pengaruh kuat terhadap konsumen. 

Baca Juga: Lewat Strategi Pemasaran Digital, Etawalin Raih Indonesia Best Brand Award (IBBA) 2024

Dari 9 elemen utama dalam model terkenal oleh Hermawan Kartajaya, 3 elemen yang paling esensial adalah Positioning, Differensiasi & Brand. Dalam buku ini, Hermawan memberi petunjuk bagaimana membangun Brand yang kuat dengan menciptakan Positioning yang jelas didukung dengan Differensiasi yang unik.

Wow Marketing

WOW Marketing yang diterbitkan pada tahun 2014 karya Hermawan ini, berisikan cara untuk membuat pelanggan merasakan sensasi yang luar biasa hingga mereka mengatakan “WOW!”. Buku ini juga memaparkan bagaimana perubahan teknologi mengubah perilaku pelanggan, hingga perusahaan perlu melakukan pemasaran yang berbeda untuk dapat terus menang dalam kompetisi di era baru ini.

Dalam tulisannya menjelaskan, di era yang serba terkoneksi, perusahaan menghadapi kompetisi yang semakin menantang. 

Baca Juga: Menelusuri Dunia Lewat Kata, Ini Rekomendasi Daftar Buku Karya Leila S. Chudori

Menurut Hermawan, perjalanan pelanggan saat mengambil keputusan pembelian produk pun berubah. Terdapat 2 konsep yang dituliskan olehnya yaitu konsep 4A (Aware–Attitude–Act–Act Again) dan kini sudah bergeser menjadi 5A (Aware–Appeal–Ask–Act–Advocate) atau Tahu – Tertarik – Bertanya – Bertindak – Merekomendasikan. Dalam buku ini juga, Hermawan menyajikan pemahaman mengenai perubahan perilaku pelanggan karena era konektivitas dan bagaimana pengaruhnya terhadap strategi perusahaan.

Syariah Marketing

Syariah Marketing menjadi buku unggulan bagi siapa saja yang ingin belajar tentang pemasaran secara syariah. Terbit di tahun 2006, buku ini menjelaskan tentang peta pemasaran di Indonesia yang menunjukkan tanda-tanda pergerakan dari pasar rasional ke pasar konsumer, bahkan ke pasar spiritual.

Jika pada pasar rasional konsumen membeli barang atau jasa dengan pertimbangan rasional (misalnya, fungsi dan harga), pada pasar emosional dengan pertimbangan emosi (misalnya, cita rasa personal, prestise, cita-diri), maka pada pasar spiritual konsumer mulai mempertimbangkan nilai (baik-buruk, halal-haram). 

Baca Juga: Mengulas Tentang Makna Pekerjaan dan Kehidupan yang Mendalam, Ini Daftar Buku Terbaik Karya Cal Newport

Marketing Klasik Indonesia

Buku Marketing Klasik Indonesia yang Hermawan tuliskan ini menjelaskan tentang teori-teori pemasaran secara populer dan menjelaskan praktik-praktik bisnis dari kerangka berpikir para ahli. Terbit di tahun 2006, dengan tebal buku berisikan 362 halaman, Hermawan menceritakan tentang apa yang harus dilakukan pengusaha jika layanan pelanggan akan dijadikan strategi inti untuk memenangkan persaingan.

Dalam bukunya ia menjelaskan bahwa tidak ada yang bisa dilakukan jika "paradigma" manajemen perusahaan tersebut tidak diubah.Ia menuliskan pembahasan mengenai paradigman pemasaran merupakan mindset yang selalu ada di dalam suatu organisasi. Paradigma merupakan kerangka acuan mental yang mendominasi mobil orang dalam suatu organisasi untuk berpikir dan berperilaku. 

Hermawan Kartajaya on Segmentation

Pada buku yang diterbitkan pada tahun 2006, dengan jumlah 206 halaman ini berisikan tentang pasar yang merupakan zona yang misterius. Dalam melihat penjualan yang laris, buku ini dapat memberitahu bagaimana menentukan segementasi penjualan yang tepat ketika akan mebangun suatu usaha.

Menurut Hermawan, secara sederhana, segmentasi adalah proses memanfaatkan peluang dengan membagi-bagi pasar menjadi beberapa segman. Pasar dipetakan berdasarkan karakteristik yang Anda tentukan, sehingga perusahaan Anda bisa melihat lebih jelas pasar mana yang akan dimasuki. Segmentasi adalah sebuah seni mengidentifikasi dan memanfaatkan peluang-peluang yang ada di pasar dengan melihat pasar secara kreatif.

Buku-buku karya Hermawan Kartajaya telah memberikan wawasan mendalam dalam menghadapi tantangan dunia pemasaran yang terus berkembang. Pemikirannya yang menggabungkan teori pemasaran tradisional dengan inovasi teknologi modern membuat karyanya sangat relevan bagi perusahaan yang ingin tetap bersaing di pasar global.

Buku-bukunya memberikan panduan yang sangat dibutuhkan oleh perusahaan-perusahaan yang ingin memahami kebutuhan pasar yang semakin kompleks dan bagaimana cara terbaik untuk mengelolanya dalam era yang semakin digital ini.