Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan atau yang kerap disebut prokrastinasi mungkin sering dilakukan oleh sebagian dari kita. Orang yang sering menunda pekerjaan biasanya baru menyelesaikan tugasnya di menit-menit terakhir atau bahkan melewati tenggat waktu.

Meski bukan merupakan gangguan kesehatan mental, namun terbiasa menunda pekerjaan dapat menyebabkan tekanan psikologis. Bahkan, perilaku ini dapat berdampak negatif pada kehidupan pribadi, sekolah, atau pekerjaan. Menunda-nunda pekerjaan juga dapat mengganggu kelancaran pekerjaan, yang dapat menyebabkan perasaan stres dan kecemasan yang berlebihan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi kebiasaan buruk tersebut? Dilansir dari Times of India, Rabu (24/4/2024), berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi kebiasaan menunda pekerjaan dan membuat kita lebih produktif. Yuk, simak!

1. Metode dua menit

Metode dua menit adalah aturan sederhana yang mengatakan jika ada tugas yang perlu Anda selesaikan, dan penyelesaiannya membutuhkan waktu kurang dari dua menit, Anda harus melakukannya pada saat itu juga, bukan menunggu atau menundanya.

Tugas kecil seperti mengirim atau membalas email dapat dilakukan dengan cepat. Latihan ini bisa sangat bermanfaat dan dapat membuat Anda menjadi sangat produktif dalam pekerjaan Anda. Ini akan membantu Anda menyelesaikan tugas dengan cepat, sehingga mencegah Anda menunda-nunda dan membiarkan pekerjaan menumpuk.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Buku Self Improvement yang Bikin Pola Pikir Lebih Kritis

2. Putar musik favorit

Anda harus memiliki playlist yang disesuaikan untuk tempat kerja. Mendengarkan musik favorit sambil bekerja dapat mengurangi stres dan langsung meningkatkan suasana hati sehingga Anda merasa energik dan termotivasi. Ini dapat membantu Anda fokus lebih baik dengan mengurangi gangguan di sekitar Anda.

Saat suasana hati Anda sedang baik, Anda cenderung bekerja lebih efisien dan lebih cepat. Musik dan lagu juga dapat menenangkan pikiran sehingga lebih mudah berkonsentrasi pada tugas. Anda dapat bereksperimen dengan berbagai jenis lagu dan genre untuk melihat mana yang paling cocok untuk Anda.

​3. Metode jam listrik

Metode ini mengacu pada jam-jam dalam sehari Anda dapat sepenuhnya fokus pada pekerjaan dan mencoba menyelesaikan sebagian besar pekerjaan tanpa terganggu oleh apa pun atau siapa pun.

Jam-jam ini adalah jam paling produktif dalam keseharian Anda. Anda dapat mengamati diri sendiri selama beberapa hari untuk mengetahui jam berapa yang paling cocok untuk Anda.

Beberapa orang bekerja paling baik di pagi hari ketika mereka masih segar dan beberapa orang bekerja lebih lambat ketika mereka sudah bisa beradaptasi dengan baik. Metode ini adalah tentang menetapkan waktu khusus untuk bekerja dan menyelesaikan sebagian besar pekerjaan pada waktu itu.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Buku Kepemimpinan yang Wajib Kamu Baca, Bisa Mengubah Mindset!

4. Menghargai diri sendiri

Saat Anda menyelesaikan tugas sulit yang awalnya tak ingin Anda lakukan atau ingin menghindari atau menundanya, Anda dapat memberi penghargaan pada diri sendiri dengan mengatakan pada diri sendiri hal-hal seperti “pekerjaan bagus” atau “selesai dengan baik”. Ini akan langsung membuat Anda merasakan peningkatan kekuatan.

Anda juga dapat menghadiahi diri sendiri dengan istirahat sejenak sambil minum kopi atau teh, menikmati makanan favorit, mengobrol dengan teman di tempat kerja selama beberapa menit, meluangkan sedikit waktu untuk membaca buku, mendengarkan lagu favorit, atau aktivitas lain yang Anda sukai. Memberi diri Anda sedikit penghargaan akan mendorong perilaku positif dan menyayangi diri sendiri yang penting untuk meningkatkan produktivitas di tempat kerja.

5. Memvisualisasikan kesuksesan

Ini adalah teknik hebat di mana pada awal hari, Anda harus membayangkan diri Anda menyelesaikan semua tugas secara efisien. Saat Anda membayangkan melakukan hal ini, pikiran Anda langsung berubah ke keadaan positif dan meningkatkan kepercayaan diri serta motivasi Anda.

Ini membantu Anda merasakan energi dan antusiasme tersebut, sehingga ketika Anda mulai bekerja, Anda memiliki pola pikir positif yang akan mengarahkan Anda untuk mendapatkan hasil maksimal dari hari ini dan menyelesaikan semua pekerjaan Anda secara efisien.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Baca Juga: Bantu Anak Bangun Rasa Percaya Diri Lewat Kebiasaan Membaca, Memang Bisa?