Growthmates, literasi finansial merupakan pengetahuan tentang cara menganggarkan, melacak pengeluaran, menabung, merencanakan masa pensiun, hingga mengelola utang. Ini merupakan keterampilan keuangan dasar yang perlu dimiliki setiap orang, termasuk anak-anak.

Jika tidak diajarkan melek literasi sejak dini, anak-anak bisa terjerumus ke dalam kebiasaan menyamakan uang dengan kebahagiaan, cinta, dan hiburan. Jadi, penting untuk orang tua mengajarkan anak tentang literasi finansial.

Berikut ini Olenka bagikan beberapa tips tentang cara mengajari anak tentang uang supaya lebih melek finansial, seperti dikutip dari laman Parents.com, Rabu (17/4/2024). Simak baik-baik, ya, Growthmates!

Mulailah percakapan literasi finansial sejak dini

Pakar penghematan uang Andrea Woroch mengatakan, tidak ada kata terlalu dini untuk mulai membicarakan keuangan dan hal ini bisa dilakukan dengan cara sederhana, seperti mengajak mereka berbelanja atau melakukan pekerjaan sehari-hari di rumah.

“Anak-anak belajar dari kebiasaan kamu dan cara kamu membelanjakan atau menabung. Bahkan, berbicara tentang uang akan membentuk cara anak mengelola uang di masa depan,” kata Woroch.

Sofia Ramirez, kepala pemasaran di Crediclub, menyarankan para orang tua untuk membuat bagan tabungan. Hal ini dilakukan untuk mencapai tujuan finansial dan mengajari anak tentang nilai suatu barang.

“Visual ini menunjukkan kemajuan mereka dalam mencapai tujuan finansial dan mengajari anak-anakmu berapa harga suatu barang, dan mendorong mereka untuk menabung,” ungkapnya.

Baca Juga: Ajak Perempuan Bijak Buat Keputusan Finansial, Bank Commonwealth Gandeng Bukalapak Tingkatkan Literasi Keuangan Pengusaha Perempuan

Jadilan teladan untuk anak

Kebanyakan orang berpikir bahwa cara termudah untuk mengajari anak-anak tentang uang adalah dengan membiarkan mereka memperhatikan apa yang orang tuanya lakukan, mulai dari berbelanja di toko hingga berbelanja online. Namun, cara itu justru membuat anak meniru kemungkinan kebiasaan buruk kamu. 

Cobalah berlatih untuk menjadi panutan tentang apa yang kamu harapkan akan mereka lakukan ketika dihadapkan pada masalah atau peluang keuangan.

Woroch mengatakan, melibatkan anak-anak dalam menyiapkan anggaran untuk acara mendatang atau pembelian besar bisa menjadi pengalaman belajar yang luar biasa. 

Faktanya, mengubah pola di depan anak-anakmu menambah rasa tanggung jawab yang lebih tinggi. Itu dapat membantumu tetap berpegang pada cara-cara baru sambil menanamkan kebiasaan-kebiasaan baik sejak dini dalam kehidupan mereka.