Growthmates, Muslim Fashion Festival (MUFFEST)+ akan kembali digelar pada 8-11 Agustus 2024 di Istora Senayan, Jakarta. Di tahun ini, MUFFEST+ mengusung tema “Indonesia as a Hub for Global Modest Fashion” yang akan menampilkan keragaman kreativitas dan inovasi dalam industri fesyen muslim Indonesia.

Sebelum perhelatan MUFFEST+ berlangsung, Indonesian Fashion Chamber (IFC) dengan Gemalindo Kreasi Indonesia menyelenggarakan MUFFEST+ Media Viewing pada tanggal 1-3 Maret 2024 bertempat di Ice Palace Lotte Mall, Kuningan, Jakarta.

“MUFFEST+ Media Viewing dihadirkan sebagai showcase untuk memperlihatkan perkembangan tren, kreativitas, dan inovasi dalam industri fesyen muslim yang diharapkan dapat menjadi acuan fesyen muslim global,” ujar Lenny Agustin, National Chair Indonesian Fashion Chamber (IFC), dikutip Olenka pada Kamis (14/3/2024).

Baca Juga: Modinity Fashion Parade 2024 Hadir Jadi Inspirasi Baru di Industri Mode

Dalam acara MUFFEST+ Media Viewing 2024, ada sebanyak 24 desainer dan brand yang mencapai 300 koleksi ditampilkan. Setiap desainer dan brand akan menampilkan 'pertunjukan' masing-masing yang bercerita tentang koleksinya, mulai dari konsep desain, produksi, hingga pemasaran.

“Perhelatan ini memberikan ruang bagi media untuk menggali lebih dalam sebuah konsep koleksi dari desainer dan brand fesyen muslim Indonesia. Suatu koleksi memiliki story telling yang ingin diketahui oleh publik,” ungkap Lenny.

Seluruh koleksi yang dipresentasikan dalam MUFFEST+ Media Viewing ini meliputi ragam gaya busana muslim, antara lain street wear, urban wear, dan evening wear

Fashion presentation pada hari pertama Fashion Parade I menampilkan koleksi dari beberapa brand, antara lain:

  • ALEZA bertema Elixir Ensemble
  • HijabChic dengan tema Arabella
  • Hajeera dengan tema Brisa Sunset to Starlight
  • GIOMI dengan tema Townspeople
  • Yanti Adeni X WLOV dengan tema Daphne
  • Batik Chic by Novita Yunus dengan tema Eternal Journey

Fashion Parade II menampilkan koleksi dari:

  • Rose.Ma.Lina X Sofie dengan tema Urban Fusion
  • Yoha dengan tema Simbiosis
  • Hannie Hananto dengan tema Mother and Daughter Story
  • Anggia Handmade dengan tema Soulmate
  • Rosie Rahmadi x Shoes by TXTURE dengan tema Adolescence

Baca Juga: Indonesia Fashion Aesthetics 2024 Hadir Jadi Wadah Industri Fesyen dan Kecantikan, Intip Yuk!

Fashion presentation pada hari ketiga menampilkan Fashion Parade III, antara lain:

  • LUNARPRINTEX Presents Althafunissa dengan tema SERERAYYA 2.0 Serenity on Raya
  • NBRS dengan tema KALA
  • My Daily Hijab dengan tema Soul Scene Harmony
  • Magdara dengan tema Muslim Historical Rhapsody
  • Motif Hawa dengan tema Coin Memoire
  • KursienKarzai dengan tema Eredita
  • Rangkaian fashion presentation ditutup dengan Fashion Parade IV, yaitu:
  • Road to JMFW 2025 Presents Pricilla Margie dengan tema Jakarta Vintage
  • ZM Zaskia Mecca dengan tema Teman Serumpun
  • AM By Anggiasari dengan tema Borcelle
  • ZETA Privé dengan tema Misty Forest
  • Buttonscarves X Kami. dengan tema Kimmonia
  • Brilianto dengan tema Reunited

“Kami berharap melalui perhelatan ini dapat menunjukkan kepada dunia bahwa industri fesyen muslim Indonesia memiliki potensi untuk berkembang secara global,” pungkas Lenny.