Sepanjang 2023 lalu, PT Nusantara Sejahtera Raya Tbk (Cinema XXI) membuka 18 lokasi bioskop baru dengan tambahan 75 layar. Hal itu membuat Cinema XXI memiliki 240 bioskop dengan total 1.280 layar di 60 kota/kabupaten seluruh Indonesia hingga 31 Desember 2023. Penjualan tiket bioskop pun meningkat 25,7% dari 67,1 juta penonton pada tahun 2022 menjadi 84,3 juta penonton pada tahun 2023. Angka tersebut menghasilkan Gross Box Office (GBO) senilai Rp3,5 triliun.

Cinema XXI mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 18,9% pada 2023 menjadi Rp5,2 triliun, lebih tinggi dibandingkan periode yang sama pada 2022 sebesar Rp4,4 triliun. Perseroan juga meraih perolehan laba bersih setelah pajak mencapai Rp742,3 miliar, tumbuh 47,1% dibandingkan tahun 2022, dengan perolehan EBITDA sebesar Rp1,7 triliun.

Baca Juga: Cuma Modal Internet Kencang, Ini 5 Ide Bisnis yang Bisa Raup Untung Besar!

"Peningkatan kinerja tersebut diperoleh dengan fokus pada penjualan tiket bioskop, pengembangan produk makanan dan minuman, platform digital, serta iklan. Adapun total pendapatan Cinema XXI sepanjang 2023 berasal dari kontribusi penjualan tiket bioskop sebesar 60%, produk makanan dan minuman sebesar 35,4%, platform digital sebesar 2%, dan iklan sebesar 1,9%," kata Direktur Utama Cinema XXI, Hans Gunadi, belum lama ini, dikutip Senin (11/3/2024).

Direktur Cinema XXI, Arif Suherman, menambahkan, peningkatan jumlah penonton juga tercermin dari pendapatan lini usaha produk makanan dan minuman yang tumbuh 29,3% pada tahun 2023 menjadi Rp2,0 triliun dari Rp1,6 triliun pada periode yang sama tahun lalu. Peningkatan ini juga terefleksi dari pendapatan lini usaha produk makanan dan minuman dibandingkan pendapatan GBO sebesar 58,3%. 

"Kami berkomitmen untuk terus menghadirkan inovasi rangkaian makanan dan minuman berkualitas untuk semakin melengkapi kenyamanan saat menonton film di Cinema XXI," tutup Arif.