Growthmates, dengan meningkatnya Artificial Intelligence (AI) dan meningkatnya PHK, merekrut karyawan baru menjadi semakin rumit. Di dunia kerja yang berkembang pesat, penelitian baru yang dilakukan ADP menanyakan kepada berbagai perusahaan dan perusahaan tentang keterampilan penting apa yang mereka cari dari karyawan saat mempekerjakan mereka. Dan ternyata, etika kerja yang kuat merupakan skill atau keterampilan teratas yang dicari sebagian besar perusahaan saat merekrut karyawan.

Namun, hal ini juga cukup sulit ditemukan, kata banyak pengusaha. Untuk penelitian ini sendiri, ADP telah mensurvei lebih dari 1.500 pemilik bisnis, pemimpin, dan manajer perekrutan pada tahun 2024 dan menanyakan prioritas mereka saat merekrut orang.

Berdasarkan penelitian, diketahui bahwa karyawan yang memiliki etos kerja yang kuat seringkali juga memiliki soft skill penting lainnya seperti ketepatan waktu, efisiensi, dan manajemen waktu.

Mereka juga terorganisir dan bersedia melakukan kerja ekstra untuk menyelesaikan pekerjaan. Hal ini menunjukkan bahwa meskipun keterampilan AI dan teknis sangat dibutuhkan di dunia kerja, keterampilan lunaklah yang pada akhirnya menjadi keterampilan yang paling dicari dalam perekrutan.

Meskipun karyawan yang bekerja dapat mengembangkan dan mengasah keterampilan memiliki etika kerja di tempat kerja dan melalui pengalaman, karyawan baru juga bisa mendapatkan keunggulan dibandingkan yang lain dengan menunjukkan kualitas ini di tempat kerja.

Baca Juga: 7 Soft Skill yang Dibutuhkan Jika Ingin Berkarier Sebagai Staff PR, Apa Saja?

Terkait hal ini, Tina Wang, selaku Wakil Presiden divisi SDM di ADP, mengatakan kepada CNBC Make It, “Anda dapat mengajarkan keterampilan teknis khusus yang diperlukan untuk suatu pekerjaan, tetapi jika karyawan baru datang pada hari pertama dengan beberapa keterampilan perilaku ini, ajarkan mereka keterampilan teknis menjadi lebih mudah, efektif dan lebih bermanfaat.”

Soft skill lainnya yang dibutuhkan di tempat kerja

Pengusaha dan manajer sering kali membutuhkan orang-orang yang dapat diandalkan dan mau melakukan pekerjaannya, apa pun yang terjadi. Oleh karena itu, menjadi orang yang menyenangkan dan rajin bekerja adalah sesuatu yang dihargai oleh sebagian besar pemberi kerja.

Selain keterampilan-keterampilan tersebut, orang-orang yang memiliki pola pikir positif, mampu memiliki keseimbangan kehidupan kerja, dan mereka yang efisien serta giat sering kali diberi lebih banyak peluang kerja dibandingkan orang lain.

Komunikasi yang efektif juga merupakan keahlian penting yang sangat dibutuhkan di tempat kerja-- baik untuk pekerjaan tingkat junior atau peran kepemimpinan.

Semoga informasinya bermanfaat, ya!

Baca Juga: 5 Soft Skill yang Dapat Membantumu Mendapatkan Promosi Jabatan, Catat Ya!