2. Perdalam Riset dan Manfaatkan Teknologi

Perkembangan teknologi digital membuat dunia bisnis online berkembang secara dinamis. Sebagai pelaku bisnis, kita harus cepat beradaptasi dengan setiap perubahan dan tren yang ada. Oleh karena itu menurut Aji, riset dan pemanfaatan teknologi menjadi dua hal penting yang wajib dilakukan oleh pelaku bisnis.

Aji menjelaskan bahwasanya riset itu sangat penting agar kita tahu tren dan demand konsumen. Setelah riset, dirinya lalu manfaatkan teknologi di e-commerce sebagai strategi pemasaran. Menurutnya, dua fitur di Shopee seperti iklan dan Affiliate Marketing Solutions (AMS) bisa menjadi opsi fitur yang efektif untuk menjangkau target audiens yang mau kita sasar.

“Contohnya melalui fitur AMS, penjual bisa dibantu terhubung dengan affiliates yang cocok untuk membantu memasarkan produk kita lewat konten interaktif. Konsepnya sama seperti orang sales. Kita sebagai penjual tinggal menganalisis performa iklan maupun AMS lewat teknologi dashboard Shopee untuk menentukan strategi selanjutnya. Tahun ini, affiliate Shopee telah berkontribusi hampir sebesar 25% dari total pendapatan saya tahun ini,” tutur Aji.

3. Berani Berinvestasi dan Tidak Takut Rugi

Tidak ada jaminan bahwa setiap pelaku bisnis pasti akan sukses. Menurut Aji, kunci utama dalam berbisnis adalah harus berani mencoba, berinvestasi di bisnis, dan jangan punya mindset takut rugi.

Aji juga menceritakan modal awal bisnis Metamorf sebesar 7 juta rupiah diperoleh dari sisa hasil tabungannya dan keberaniannya untuk meminjam uang ke sahabatnya. 

“Di awal Metamorf berdiri, saya juga gak langsung sukses. Hanya laku sekitar 5-10 pesanan per hari. Tapi saya coba untuk terus putar otak gimana caranya supaya Metamorf makin berkembang. Berbekal ilmu belajar digital marketing secara otodidak, saya berusaha kulik semua fitur dan program yang ada di Shopee. Saya terapin strateginya di Metamorf. Saya juga ikuti tren yang ada misalnya sekarang orang lebih suka nonton konten interaktif dan engaging, seperti Shopee Live dan Shopee Video, saya pun akhirnya sampai punya tim khusus yang menangani konten sosial di Shopee,” tambah Aji.

Usaha memang tidak akan mengkhianati hasil. Jika awalnya omzet bulanan Metamorf hanya mencapai jutaan rupiah, kini Metamorf secara konsisten sudah memiliki omzet bulanan hingga ratusan juta rupiah.  Di semester I-2024, Metamorf bahkan mengalami peningkatan omzet lebih dari 800% dibanding semester I-2023.

Baca Juga: Cerita Sukses Pelaku UMKM Sepatu Beromzet Jumbo, Apa Rahasianya?