Inovasi Produk
Melakukan inovasi dengan mengikuti zaman adalah salah satu cara untuk tetap bertahan dalam gempuran produk dan brand yang terus bermunculan. Wardah berinovasi dengan terus membuat produk baru mengikuti trend kosmetik yang ada. Wujud dari inovasi itu adalah jenis produk kosmetik Wardah yang saat ini telah lebih dari 1.000 jenis.
Gak cuma itu, salah satu inovasi produk yang dilakukan oleh Wardah adalah meluncurkan produk kosmetik yang ramah lingkungan. Wardah selalu berusaha untuk menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan dan mengurangi limbah dalam proses produksi.
Selain itu, mereka juga memperhatikan etika dalam rantai pasokan mereka, memastikan bahwa bahan-bahan yang mereka gunakan diproduksi dengan cara yang adil dan berkelanjutan.
Selain produk, Wardah juga terus mengembangkan teknologi dan formulasi yang lebih baik untuk memastikan produk mereka selalu berkualitas tinggi. Mereka berinvestasi dalam penelitian dan pengembangan untuk memahami lebih baik tentang kulit dan kecantikan, sehingga produk-produk mereka dapat memberikan hasil yang optimal.
Wardah juga kerap menawarkan beragam produk kecantikan, termasuk skincare, makeup, dan parfum. Ini dapat memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak segmen pasar.
Pendekatan ke Konsumen
Wardah telah berhasil membangun hubungan yang erat dengan komunitas konsumennya, terutama melalui media sosial. Mereka tak hanya menjual produk kecantikan, tetapi juga membangun komunitas yang kuat di sekitarnya.
Wardah juga aktif sering memberikan informasi edukatif tentang perawatan kulit dan makeup, juga memberikan pengetahuan kepada pelanggan dapat meningkatkan loyalitas merek. Wardah juga memiliki program “My Wardah” yang memberikan insentif kepada pelanggan setia mereka. Program loyalitas seperti ini bisa meningkatkan retensi pelanggan.
Wardah juga sering mengadakan acara-acara atau kontes yang melibatkan komunitas pengguna mereka. Hal ini membantu membangun rasa kebersamaan dan mengangkat merek ini dari sekadar produk kecantikan menjadi bagian dari gaya hidup konsumennya.
Terbaru, Wardah menggelar The House of W (Women, Wisdom, Wardah), suatu inisiatif di mana Wardah menghadirkan rumah khusus bagi perempuan dengan konsep ‘sisterhood’ yang bertujuan mendorong para perempuan untuk saling mendukung dan mengembangkan diri untuk menciptakan kebaikan yang lebih besar dan luas.
“The House of W” ini digelar pada 16-19 Mei 2024, di City Hall, Pondok Indah Mall 3. Di sini, Wardah menyediakan ruang eksklusif bagi perempuan untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan wawasan. Setiap ruang membuka peluang bagi perempuan untuk saling memperkaya dan memperluas pemahaman mereka tentang dunia, menciptakan sebuah lingkungan di mana belajar, tumbuh, dan menginspirasi menjadi inti dari setiap interaksi.
Gak berhenti di situ, Wardah juga kerap memanfaatkan program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mendekatkan diri dengan konsumennya. Salah satu contohnya adalah campaign #SelaluAdaBahagia. Wardah menyalurkan kebutuhan ramadhan ke masjid, ruang publik, dan lain-lain, saat campaign ini berlangsung.
Nah, itulah beberapa strategi marketing yang dilakukan oleh Wardah hingga membuat mereka sukses mendunia. Semoga menginspirasimu, ya!
Baca Juga: Lanjutkan 39 Tahun Kebermanfaatan, ParagonCorp Berbagi 39.000 Kebaikan di Bulan Ramadan